Home TANGERANG HUB Banyak Pengendara Belum Punya SIM

Banyak Pengendara Belum Punya SIM

0
SHARE
RAZIA: Satlantas Polres Metro menilang pengendara motor yang tak membawa SIM saat operasi zebra, beberapa hari lalu. FOTO: Humas for Tangerang Ekspres

TANGERANG – Sat Lantas Polres Metro Tangerang Kota mendata 3.294 tilang hasil operasi zebra yang dilakukan sejak 23 Oktober hingga 5 November. Dalam operasi tersebut paling mendominasi pengendara tidak memiliki SIM.

Pelanggaran dengan tidak mempunyai SIM sebanyak 1.295, STNK sebanyak 2.058, melawan arus sebanyak 571 dan tidak menggunakan helm sebanyak 257 pelanggar.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Agung Pitoyo mengatakan, operasi zebra digelar untuk mengingatkan masyarakat dalam berkendara. Karena di Kota Tangerang banyak masyarakat yang belum sadar dan tidak taat peraturan lalulintas.

“Dalam giat operasi zebra ini kita memang fokus ke pelanggaran melawan arus, tetapi dari hasil operasi pengendara yang tidak mempunyai SIM lebih tinggi. Walaupun masalahnya simple akan tetapi jika bekendara harus memiliki SIM karena itu salah satu peraturan dalam berlalulintas,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Polres Metro Tangerang Kota, Selasa (5/11).

Agung menambahkan, operasi tersebut digelar dibeberapa titik jalan di Kota Tangerang diantaranya Jalan Teuku Umar, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Benteng Betawi dan juga Jalan Daan Mogot. Karena memang di lokasi tersebut banyak pengendara sering melakukan pelanggaran lalulintas.

“Kenapa jalan-jalan tersebut yang menjadi titik operasi zebra, hal itu karena banyak pengedara yang sering melakukan pelanggaran. Mulai dari lawan arus, tidak menggunakan helm dan juga tidak membawa surat lengkap seperti SIM dan STNK,”paparnya.

Mantan Kasat Lantas Polres Jakarta Utara ini juga menjelaskan, dirinya tidak akan segan-segan memberikan tindakan tilang kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalulintas. Karena sudah sering dilakukan sosialisasi mulai dari dor to dor setiap Kecamatan, melalui alat peraga dan juga menggunakan media sosial masyarakat tetap melakukan pelanggaran.

Agung berpesan, jangan hanya pada saat operasi zebra saja masyarakat taat dan patuh dalam berkendara. Diluar operasi apapun masyarakat harus ingat bahwa membawa kendaraan harus baik dan benar. Jika tidak maka akan bisa merugikan diri sendiri. “Mudah-mudahan setelah operasi zebra ini masyarakat kota Tangerang sadar akan berlalulintas,” tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here