Home TANGERANG HUB RSU Tangsel Buka Layanan Cuci Darah

RSU Tangsel Buka Layanan Cuci Darah

0
SHARE
PERIKSA ALAT: Salah seorang perawat Rumah Sakit Umum Kota Tangsel memeriksa alat cuci darah atau hemodialisis yang tegah digunakan untuk mencuci darah pasien, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

PAMULANG-Fasilitas layanan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel, semakin meningkat. Terbaru, tepatnya sejak September lalu, RSU membuka layanan unit hemodialisis atau cuci darah. Penambahan pelayanan tersebut untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan bagi warga Tangsel.

Plt Direktur RSU Kota Tangsel Umi Kulsum mengatakan, hemodialisis atau sering disebut hemodialisa adalah terapi cuci darah di luar tubuh untuk seseorang yang ginjalnya tidak bekerja secara normal. “Sejak dibuka mulai September lalu, pasien yang melakukan cuci darah cukup banyak,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (7/11).

Umi menambahkan, untuk melayani cuci darah RSU menyiapkan dokter spesialis penyakit dalam, serta dokter umum bersertifikasi HD. Ditambah perawat yang terampil, mahir dan juga bersertifikat. Sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pasien selama menjalani terapi ini di RSU Kota Tangsel.

Dengan kapasitas 10 tempat tidur, RSU Tangsel siap memberikan pelayanan terbaik. “Dokter spesialis penyakit dalam sebagai penanggung jawab serta dimonitor oleh dokter umum dan perawat yang terlatih, juga dilengkapi dengan alat kesehatan terkini,” tambahnya.

Masih menurutnya, dari 10 tempat tidur yang disediakan satu tumpat tidur khusus untuk pasien yang diisolasi. Untuk saat ini, RSU Kota Tangsel baru menerima pasien yang akan cuci darah yang sudah pernah melakukan cuci darah di RS lain. Pasalnya, pasien tersebut artinya sudah terpasang alat khusus di tubuhnya untuk cuci darah.

“Kalau pasien baru kita belum bisa melayani karena, harus ada pemesangan alat dan kita belum ada lantaran dokter spesialis bedah faskuler yang dibutuhkan kita juga belum punya,” jelasnya.

Wanita berkerudung tersebut menuturkan, untuk melakukan layanan cuci darah diperlukan waktu sekitar 1-2 jam. Cuci darah ada jadwlanya dan tergantung hasil pemeriksaan laboratoriumnya karena, sebelum cuci darah harus kontrol dahulu ke dokter penyakit dalam.

“Cuci darah ini tergantung tingkat keparahannya, ada yang seminggu dua kali dan ada tiga kali,” ungkapnya.

Pelayanan hemodialisis buka setiap Senin samai Sabtu mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Pasien bisa langsung mendaftar ke poliklinik hemodialisis di lantai 4 RSU Kota Tangsel.

Tiap hari, pasien yang berobat ke RSU Kota Tangsel jumlahnya 500-600 pasien. Jumlah tersebut terbilang cukup banyak karena Kota Tangsel menerima BPJS dan telah memberlakukan UHC bagi masyarakat. “Artinya tiap bulan kita menerima 10 ribu-15 ribu pasien,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here