Home TANGERANG HUB Pemdes Pasir Berikan Bebek ke Warga

Pemdes Pasir Berikan Bebek ke Warga

0
SHARE
MAKAN: Saepul sedang memberi makanan untuk bebek miliknya, Jumat (8/11). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

KRONJO — Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir, Kecamatan Kronjo, memanfaatan sebagian anggaran pendapatan dan belanja desa (APDesa) untuk menyalurkan bebek petelur kepada sebagian warga. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemdes Pasir menambah penghasilan warganya yang biasa memelihara hewan ternak ini.

Zakaria, Kepala Desa Pasir mengatakan, tahun lalu, pihaknya menyalurkan hewan ternak ayam petelur kepada sebagian warganya. Sedangkan sekarang, pihaknya menyalurkan 400 ekor bebek petelur.

“Penyaluran bebek leher panjang ini memanfaatkan APBDesa di bidang pemberdayaan masyarakat,” jelasnya, kepada Tangerang Ekspres, di ruangan kerjanya, kemarin.

Lebih lanjut kata Zakaria, alasannya menyalurkan bebek petelur karena hewan ternak itu mudah dipelihara dibandingkan hewan ternak lain. Kemudian menurutnya, hewan ternak itu tidak mudah terserang penyakit.

Dengan demikian, dia menginginkan warga penerima manfaat penyaluran bebek petelur, dapat memelihara bebek dengan baik. Sehingga bebek dapat bertelur setiap hari. Kemudian telur dapat dimanfaatkan. “Perlu diingatkan juga, hasil penjualan telur disisihkan untuk biaya pakan,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Saepul, seorang warga penerima bantuan mengatakan, 30 ekor bebek petelur miliknya dapat menghasilkan 25 telur sampai 30 telur bebek per hari. Telur dapat dijual dengan harga Rp1.200 sampai Rp1.800.

“Dalam waktu dekat, Pemdes Pasir menyalurkan bebek kepada saya. Tentu ini akan menambah penghasilan saya sebagai warga penerima manfaat penyaluran bebek,” kata pria yang berprofesi sebagai petani sejak 14 tahun lalu ini.

Menurut Saepul, memelihara bebek petelur tidak sulit. Bahkan ia dapat merawat bebek miliknya disela-sela waktunya sebagai petani. Terpenting, bebek ditempatkan di kandang yang berkondisi baik, dan bebek diberian kualitas makanan yang baik.(zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here