Home TANGERANG HUB Lulusan SMA/SMK Tak Bisa Mendaftar CPNS

Lulusan SMA/SMK Tak Bisa Mendaftar CPNS

450
0
SHARE

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Tangerang telah dibuka mulai kemarin (11/11). Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Kepala BKPSDM M Lutfhi memastikan, kuota CPNS Kota Tangerang hanya sebanyak 355 formasi. Dari formasi itu tak ada satupun lowongan untuk lulusan SMA/SMK. Semua pelamar, kata Luthfi harus lulusan S1.

“Persyaratannya S1 semua, tidak ada yang SMA atau SMK,” kata Luthfi.

Selain itu, pelamar harus memperhatikan uraian persyaratan dan tata cara melamar CPNS yang telah ditetapkan, salah satunya memiliki Ijazah asli S1 sesuai formasi yang dilamar.

“Pelamar harus sesuai Ijazah untuk formasi yang dibutuhkan, semisal lulusan sarjana ekonomi ingin melamar guru SD, itu tidak bisa, untuk kuota tenaga harus sesuai formasi yang dibutuhkan,” tuturnya.

Selain itu, bagi pelamar yang baru lulus kuliah hanya bermodalkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dipastikan tidak dapat mendaftar CPNS. Persyaratan CPNS ialah salah satunya memiliki Ijazah asli sesuai tenaga ahli dan tidak disarankan menggunakan SKL.  Hal tersebut sesuai arahan Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, pesyaratan yang wajib dilampirkan salah satunya ialah salinan ijazah asli yang telah dilegalisir oleh perguruan tingginya.

“Menggunakan surat keterangan lulus dari perguruan tinggi tidak bisa, pokoknya harus sesuai persyaratan yang tercantum pada lembar pengumuman penerimaan CPNS,” tandasnya.

Lutfhi menuturkan, kuota CPNS untuk Kota Tangerang sebanyak 355 formasi itu terdiri dari tenaga guru sebanyak 109 kuota ,  tenaga kesehatan sebanyak 101 kuota dan tenaga teknis seanyak 145 kuota.

Lutfhi menambahkan, pengumumkan masa pendaftaran sekaligus seleksi administrasi  CPNS 2019 akan berlangsung selama 14 hari, yakni pada 11-24 November 2019. Setelah proses pendaftaran rampung, pengumuman hasil seleksi administrasi akan disampaikan pada 16 Desember 2019.

Berbeda dengan seleksi CPNS 2019 sebelumnya, kini para peserta yang tidak lolos seleksi administrasi akan diberikan hak sanggah selama tiga hari sejak pengumuman, yakni pada 16-19 Desember 2019. Adapun hasil sanggahan akan diumumkan pada 26 Desember 2019 melalui surat elektronik atau email pelamar.

“Bagi pelamar yang tidak lolos, nanti akan mendapatkan informasi melalui emailnya, disitu tertulis sanggahannya,” sebutnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan, syarat, dan cara pendaftaran CPNS 2019 di Kota Tangerang dapat dilihat pada situs ini. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here