Home TANGERANG HUB Sampah jadi Ancaman Wilayah Neglasari

Sampah jadi Ancaman Wilayah Neglasari

0
SHARE
OLAH SAMPAH: Warga Neglasari mengolah sampah jadi pupuk sebagai media tanam. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Sampah jadi ancaman bagi wilayah Kecamatan Neglasari. Sampah dari dari mana-mana dibuangnya di TPA Rawa Kucing.

Jika masyarakat tak berbenah dari sekarang, khawatir berdampak buruk bagi lingkungan dan citra wilayah. Mengingat kecamatan ini berdampingan dengan Bandara Soekarno-Hatta.

Camat Neglasari Ubaidillah Anshar tengah berupaya menghapus stigma sampah di wilayahnya. Pola hidup bersih terus disosialisasikan supaya masyarakat memilah sampah sebelum dibuang.

Ubaidillah mengatakan, saat ini dirinya terus melakukan pengembangan wilayah, salah satunya mengajak masyarakat untuk bisa membangun wilayahnya masih-masing. Hal tersebut agar perekonomian wilayah bisa berjalan dengan baik.

“Saya bersama lurah di Kecamatan Neglasari, terus mendorong  dan membantu masyarakat melakukan perubahan. Mengubah kampung untuk menciptakan perekonomian. Jika sudah berjalan maka masyarakat bisa mandiri,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Aeropolis, Senin (11/11).

Ubed menambahkan, seluruh wilayah di Kecamatan Neglasari terus melakukan cara memilah sampah secara bertahap agar kampungnya terbebas dari sampah untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Rawa Kucing.

“Seperti yang terjadi di Kampung Rukun, dulu sampah berserakan dimana-mana. Saat ini mereka sudah sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan agar wilayahnya menjadi bersih dan indah. Selain itu, masyarakatnya sangat antusias melakukan kerja bakti yang digelar setiap minggu pagi,”paparnya.

Kata Ubed, Neglasari dekat dengan Bandara Soekarno Hatta. Walaupun banyaknya dampak, tetapi menjadi ladang yang bisa dinikmati masyarakat.

“Saat ini AP II juga sering turun ke masyarakat untuk membantu perkembangan wilayah, yang nantinya masyarakat merasakan dampak yang postif dengan adanya Bandara Soetta. Karena kedepan, kita ingin membuat sesuatu yang bisa meningkatkan perkonomian masyarakat sekitar bandara,”ungkapnya.

Ubed berharap, masyarakat terus melakukan inovasi pengembangan wilayah, karena kedepan wilayah Neglasari akan berkembang pesat. Maka itu sejak dini masyarakat harus mempunyai ide kreatif yang bisa diaplikasikan ke masing-masing kampung.

“Saya sangat yakin, kedepan Neglasari ini bisa maju dan berkembang melebihi wilayah Kecamatan lain. Melihat dari lokasi yang berdekatan dengan Bandara dan juga banyak lokasi startegis untuk melakukan pembangun. Untuk bisa menunjang itu, masyarakat harus bisa lebih berkembang agar tidak tertinggal,”pungkasnya. (mg-9).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here