Home TANGERANG HUB Serapan Anggaran Capai 80 Persen

Serapan Anggaran Capai 80 Persen

230
0
SHARE

CIPUTAT-Serapan anggaran belanja daerah sering kali membuat preseden buruk. Pada tahun ini, di Kota Tangsel diklaim baik. Alasannya, sampai November ini serapannya sudah mencapai 80 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel Warman Syanuddin mengatakan, saat ini serapan penggunaan anggaran untuk kegiatan fisik sudah mencapai 70 persen.

“Jadi total serapan penggunaan anggaran rata-rata untuk 38 OPD 70-80 persen dan ada yang sudah mencapai 980 persen,” ujarnya kepada Tangerang Ekpres, Rabu (13/11).

Warman menambahkan, tidak ada kendala yang dihadapi OPD dan berjalan dengan lancar. Untuk mencapai serapan anggaran mencapai 100 persen, BPKAD telah melakukan beberapa upaya yakni, telah membuat surat edaran yakni langkah-langkah penyelesaiaan pengelolaan keluangan akhir tahun.

Pertama, membuat tanpa uang persediaan (TUP), bila yang tadinya kebutuhan uangnya Rp 1 miliar dipersilahkan menampakan lagi dengan usulan. Menambah kegiatan dari satu harti satu kegiatan sekarang satu hari dua kegiatan. “Terakhir yang tadinya surat pertanggungjawaban (SPJ) lama kini kita percepat,” tambahnya.

Masih menurutnya, ia yakin OPD akan menjalankan kegiatan sesuai sesuai time table yang telah dibuat dan menyesuaikan sesuai rencana. Selama 2019 Pemkot Tangsel akan melaksanakan 1400 lebih kegiatan. OPD yang paling banyak melakukan kegiatan adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) hampir 300 kegiatan.

“Dindikbud paling banyak kegiatan karena, tiap sekolah menjadi kuasa pengguna anggaran (KPA),” jelasnya.

Saya berharap Silpa 2019 tidak banyak dan baru akan terlihat setelah 27 Desember mendatang. “Kalau semua OPD menjalankan tugas dengan benar dan sesuai jadwal maka Silpa tidak akan banyak,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here