Home TANGERANG HUB Jembatan Taman Cibodas Ditinggikan

Jembatan Taman Cibodas Ditinggikan

0
SHARE
DITINGGIKAN: Dinas PUPR Kota Tangerang meninggikan jembatan Taman Cibodas yang saat ini pengerjaannya sudah mencapai 50 persen dan Desember ini selesai. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pekerjaan jembatan Taman Cibodas yang sedang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang sudah mencapai 50 persen dan akan selesai pada Desember mendatang.

Jembatan dibangun untuk antisipasi adanya musim hujan agar air bisa berjalan lancar. Karena sebelum diperbaiki, saat air tinggi bisa menutupi jembatan dan mengganggu aktivitas warga.

Kepala Bidang Tata Air pada PUPR Kota Tangerang Fakri Wahyudi mengatakan, jembatan tersebut mempunyai panjang 14 meter dengan lebar 7,76 meter dengan jenis konstruksi bangunan atas voided dan jenis pondasinya borepile. Dengan demikian, jembatan ini bisa tahan lama dan tidak akan cepat rusak.

“Sengaja kita tinggikan, karena saat musim hujan jembatan ini sering terendam air. Makanya jika ditinggikan air yang mengalir di kali Sabi bisa dengan lancar dan tidak ada hambatan. Mudah-mudahan Desember bisa selesai dan langsung digunakan masyarakat,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di ruang kerjanya.

Fakri menjelaskan, Kali Sabi yang ada di wilayah Kecamatan Cibodas adalah kali yang aktif Di sana sering menampung air dari Bogor saat musim hujan. Jika tidak ditinggikan maka saat air meluap ada sampah yang menyangkut di jembatan itu, kalau sudah ditinggikan sampah yang mengalir dari kali Sabi tidak akan tertahan.

“Kiriman air dari Bogor biasanya suka membawa sampah, kalau kita biarkan maka saat hujan dengan volume tinggi tentunya kali Sabi akan menerima sampah itu. Kalau sudah ditinggikan, petugas tidak akan kesulitan menggangkut sampah dari yang mengalir saat musim hujan,”ungkapnya.

Kata Fakri, tidak hanya jembatan Taman Cibodas saja, jembatan lain di Kota Tangerang juga sedang ditinggikan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya banjir dan genangan air pada saat musim hujan, kalau sudah tinggi air yang datang tidak akan tertahan oleh jembatan yang ada.

“Tahun ini kita memang mempunyai program meninggikan jembatan yang ada di Kota Tangerang. Selain mengantisipasi banjir tentunya jembatan yang kita perbaiki juga bisa menghalau kemacetan di Kota Tangerang dan semuanya selesai akhir tahun,”paparnya.

Ia berhadap, masyarakat juga bisa mendukung program Pemkot Tangerang khususnya PUPR agara semua yang menjadi masalah di masyarakat bisa teratasi dengan cepat. Karena semua yang dilakukan Pemerintah pastinya untuk masyarakat.

“Dukungan masyarakat sangat penting untuk pembangunan yang sedang kita kerjakan, apalagi masyarakat bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah di kali atau sungai karena bisa tercemar demi kebaikan semuanya,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here