Home BANTEN Kampung Curugdulang, Desa Sukaraja, Cikeusal, Persiapan Seminggu, Hasil Mantul

Kampung Curugdulang, Desa Sukaraja, Cikeusal, Persiapan Seminggu, Hasil Mantul

0
SHARE

CIKEUSAL – Warga RW 08, Kampung Curugdulang, dan aparat Pemerintah Desa Sukaraja, Kecamatan Cikeusal, benar-benar kompak. Hanya dalam waktu seminggu mempersiapkan ikut Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, hasilnya cukup menakjubkan. Mantab betul (mantul).

Begitu masuk kampung, gapura selamat datang menjadi bukti keseriusan warga ikut lomba berhadiah total senilai Rp900 juta itu. Patok bambu bercat warna merah dan putih setinggi satu meter, berjejer rapi di kiri dan kanan jalan. Tim 3 juri LKBA juga langsung disambut ramah oleh ibu-ibu dan anak-anak warga RT 016 dan 017 di RW 08. Mereka ceria dan antusias menyambut penilaian.

Di antara ibu-ibu, ada yang sedang menyapu pekarangan rumahnya sambil menyapa juri. Makin masuk ke dalam Kampung Curugdulang, juri mendapati, beberapa halaman rumah warganya dilengkapi dengan pot-pot bunga beraneka rupa. Dan, semakin banyak warga yang menunggu di pinggir jalan.

Menurut juri dari perwakilan Radar Banten, M Widodo, perkampungan itu sudah hijau dan cukup rapi. Kendati demikian, tim 3 masih memberikan beberapa catatan untuk perbaikan lingkungan Curugdulang ke depan. Pertama, soal kebersihan dan bak sampah. Di beberapa titik, masih ada tumpukan sampah dan sampah plastik berceceran. Juga, belum ada bak sampah di depan rumah warga.

Widodo mengatakan, masih ada waktu bagi warga RT 016 dan 017 di RW 08, Kampung Curugdulang, untuk memperbaiki lingkungannya sehingga bisa memenuhi semua kriteria penilaian LKBA.

“Maklum, Pak (menyebut tim juri-red), persiapan kami hanya seminggu. Tepatnya setelah selesai pilkades,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Sukaraja Toni Fatoni. Ia didampingi ketua RT 016 dan 017.

Toni beralasan, jika persiapan mengikuti LKBA dilakukan menjelang pilkades, dikhawatirkan bermuatan politis dan dikira program dari salah satu calon kepala desa. Ia pun berjanji, bersama warga Curugdulang akan melakukan perbaikan sesuai catatan atau arahan juri. “Sepanjang jalan ini, nanti kami kasih pagar. Biar rapi, Pak,” kata Ketua RT 016 optimistis. (Wid-rio/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here