Home TANGERANG HUB Penentuan Lokasi TPS Alot

Penentuan Lokasi TPS Alot

0
SHARE
DISKUSI: Anggota panitia Pilkades Pisangan Jaya Siti Umayah (kanan) berdialog dengan seorang panitia pengawas Pilkades di kantor Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Kamis (14/11). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

SEPATAN – Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Pisangan Jaya, menyelengarakan musyawarah di Kantor Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Rabu malam (13/11). Musyawarah bertujuan untuk menentukan lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tangerang Ekspres, rapat yang diikuti Badan Permusyawaran Desa (BPD), panitia pengawas Pilkades dan para calon kepala desa (kades) di desa tersebut berjalan alot. Sebab terdapat selisih paham antara seorang calon kades dengan pihak calon kades lain untuk menentukan lokasi TPS.

Saat dikonfirmasi Tangerang Ekspres, Kamis (14/11), Siti Umayah, anggota panitia Pilkades Pisangan Jaya mengatakan, salah seorang calon kepala desa mengusulkan lokasi TPS di tanah lapang yang biasa disebut Lapangan Mang Daip di Kampung Sarakan.

“Sedangkan, dua calon kepala desa yang lain mengusulkan di lokasi lain. Meskipun sebenarnya lokasi lain itu tidak jauh dari Lapangan Mang Daip,” paparnya, di kantor sekretariat panitia Pilkades Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan.

Lebih lanjut kata Siti, alasan dua calon kades tidak sepaham dengan usulan seorang calon kades karena Lapangan Mang Daip sering tergenang air, kalau turun hujan. Dan, lokasi itu dinilai kurang netral.

Sedangkan ucap Siti, lokasi lain yang dimaksudnya adalah tanah lapangan di belakang tempat penyewaan Futsal. Lokasi itu dianggap dua calon kades lain tidak banjir kalau hujan dan tempat itu dianggap lokasi netral.

Namun diakui Siti, lokasi TPS di Lapangan Mang Daip, lebih strategis karena berdampingan dengan jalan utama desa. Ditanya lokasi mana yang akhirnya disepakati untuk hari H pemugutan suara Pilkades 1 Desember 2019, Siti menjawab, dia belum dapat menjelaskan lokasi mana yang akan dipakai untuk TPS.

Di tempat terpisah, Agus Mulyawan, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Sepatan mengatakan, belum menerima laporan tertulis dari panitia Pilkades Pisangan Jaya soal hasil kesepakan lokasi TPS. Terpenting kata Agus, soal penentuan lokasi TPS harus mengedepankan kesepakatan bersama antara panitia Pilkades, BPD dan para calon.

“Jangan sampai calon kades yang ini mau disini, calon kades yang itu mau disitu. Terpenting sekarang adalah pilih kawasan yang cukup untuk pasang enam tenda TPS, tempat parkir cukup, tempatnya strategis dan netral,” pungkasnya.

Adapun tiga calon kades Pisangan Jaya meliputi, nomor urut satu Sa’adudin, nomor urut dua Muhamad Khotib alias Balok dan nomor urut tiga Fitria. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here