Home OLAHRAGA Jelang MotoGP 2020: Honda Andalkan Duo Marquez

Jelang MotoGP 2020: Honda Andalkan Duo Marquez

0
SHARE
PERDANA: Alex Marquez untuk pertama kali menggunakan RC213V untuk pertama kali bersama Repsol Honda. FOTO: Motogp.com

KEKOSONGAN pebalap di Tim Repsol Hinda tak berlangsung lama. Tim pemilik tiga gelar juara dunia di musim 2019 itu menunjuk Alex Marquez sebagai pengganti Jorge Lorenzo untuk MotoGP 2020.

Dengan kata lain Honda akan menggunakan Duo Marquez dalam tim karena sebelumnya telah menggunakan jasa Marc Marquez. Repsol Honda beberapa jam lalu resmi mengumumkan kesepakatan kontrak Alex Marquez. Pebalap 23 tahun yang baru saja menjadi juara dunia Moto2 itu disodori kontrak satu tahun.

Alex akan bergabung dengan sang kakak, Marquez, menggeber Honda RC213V musim depan. Dia menjadi pebalap ketiga yang dapat promosi ke kelas rajanya balapan motor, menyusul Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3) dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

KAKAK ADIK: Tim Repsol Honda menggunakan jasa dua bersaudara Alex Marquez (kiri) dan Marc Marquez.

Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mengungkap pebalap Sapnyol berusia 23 tahun itu cuma mendapat kesepakatan kerja sama selama satu tahun alias sampai akhir musim depan.

Di atas kertas, fakta ini berpotensi memberi tekanan lebih kepada Alex. Apalagi, dia akan melakoni debut balapan MotoGP bersama tim juara dunia dan menjadi rekan setim sang kakak, yang notabene adalah juara dunia MotoGP enam kali.

“Kami memberi dia kontrak satu tahun untuk menempatkan dia pada posisi yang sama dengan pebalap-pebalap (MotoGP) lainnya. Kontrak semua pebalap akan habis pada akhir tahun 2020,” ujar Puig, dilansir dari GP One.

“Saya pikir bukan durasi kontrak yang akan menjadi tekanan, tetapi kesukaran balapan MotoGP itu sendiri. Tekanan adalah sesuatu yang harus Anda atur saat menjalani balapan pada kejuaraan.”

“Alex akan perlu mempelajari banyak hal dan meningkatkan level adaptasinya ke MotoGP, tetapi satu hal yang perlu dia perhatikan adalah bahwa dia perlu waktu untuk melakukan itu semua,” kata Puig lagi.

Sementara itu Alex, akan langsung menjajal motor tim barunya di tes pramusim MotoGP 2020 yang akan dimulai di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Selasa (19/11) waktu setempat hingga Rabu 20 November 2019. Dalam tes tersebut, Honda akan memberikan Alex RC213V-sebutan motor Honda-versi 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung Puig yang memastikan bahwa Alex akan langsung terlibat dalam tes pramusim MotoGP 2019. Sementara untuk motor musim depan, uji coba akan dilakukan oleh Marc Marquez serta test rider Honda, Stefan Bradl. Dengan opsi ini, Puig optimis tujuan Honda dalam tes tersebut bisa berjalan dengan mulus.

“Dia (Alex Marquez) akan mencoba versi 2019 dari RC213V. Dia akan melakukannya dengan struktur Luccio cecchinello,” ujar Puig, sebagaimana dikutip dari GP One.

“Hal ini dilakukan karena (Marc) Marquez akan mencoba prototipe 2020 dan Stefan Bradl akan melakukan hal yang sama dengan tim yang sebelumnya dilakukan dengan Lorenzo,” lanjut pria berusia 52 tahun tersebut. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here