Home TANGERANG HUB Zaki: Sumpah Jabatan Bukan Seremonial

Zaki: Sumpah Jabatan Bukan Seremonial

0
SHARE
Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar melantik 7 pejabat eselon II dari hasil lelang jabatan.

TANGERANG – Pejabat baru harapan baru. Sebanyak 7 aparatur sipil negara (ASN) diambil sumpah jabatan sebagai pejabat setingkat esselon II Pemkab Tangerang, Senin (18/11). Sebelumnya, ketujuh PNS ini mengikuit oppen bidding atau lelang jabatan dengan serangkaian tes dan seleksi.

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar menegaskan, telah mempertimbangkan segala faktor sebelum memutuskan memilih 7 pejabat itu untuk memimpin organisasi perangkat daerah (OPD). Ia mengingatkan, pejabat baru dapat langsung menata dan melakukan inovasi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab. “Saya pengambilan sumpah jabatan ini bukan hanya semata seremonial belaka. Namun, bagaimana saudara sekalian dapat mengemban amanah jabatan ini. Juga menjaga dan mengimbangi dengan kejujuran, keikhlasan dan prestasi kinerja dengan penuh tanggungjawab,” tegasnya di hadapan pejabat 7 pejabat usai pelantikan di Pendopo Bupati Tangerang, Senin (18/11).

Berdasarkan surat keputusan Bupati Tangerang Nomor : 821.2/Kep.1046-Huk/2019 tertera nama-nama pejabat setingkat esselon IIb yang dilantik. Yakni, mantan Camat Cikupa, Hendar Herawan dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Lalu, Asep Suherman yang resmi menjabat Sekretaris Dewan, sebelumnya Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD. Lalu mantan Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB), Bambang Sapto sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kemudian, Muhammad Hidayat yang sebelumnya Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), yang dilantik menjadi Kepala BPKAD.

Kemudian, mantan Inspektur Pembantu III di Inspektorat, Jainudin yang dilantik sebagai Kepala Dinas Perikanan. Menyusul, mantan Camat Pakuhaji, Ujat Sudrajat resmi menjabat Kepala Dinas Sosial (Dinsos). Lalu, mantan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Asep Jatnika mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

Menurut Zaki, penegasan tersebut penting disampaikan mengingat jabatan yang diemban membutuhkan keseriusan, tanggungjawab moral dan disiplin. Selain itu, para pejabat baru diharapkan pengambilan sumpah jabatan sebagai memontum dan semangat baru. “Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada saudara dapat dijalankan dengan penuh perhatian dan komitmen dan tanggungjawab yang tinggi. Kita ketahui proses mutasi merupakan hal yang biasa dalam proses pemerintahan,” katanya.

Ia melanjutkan, penilaian bukan hanya terbatas pada hasil tes kompetensi. Melainkan memerlukan berbagai faktor di luar dari standar tes oppen bidding. “Tentu saja prosesi sumpah jabatan dilakukan berdasarkan proses kepatutan, kecakapan dan pengalaman yang cukup. Serta loyalitas dan komitmen juga dedikasi terhadap pekerjaan,” tegasnya.

Sementara, Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang yang baru, Hendar Herawan mengatakan, optimis dalam memenuhi tuntutan dan target yang ditentukan Bupati. “Saya di sini mohon doanya mudah-mudahan kami yang dilantik bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan arahan dari Pak Bupati, bahwa kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh, kreatif inovatif. Walaupun posisi ini baru bagi saya. Akan tetapi bisa melaksanakan amanah pimpinan dengan baik,” tutupnya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here