Home BANTEN Perbanyak Tong Sampah hingga Pengecatan Pos Ronda

Perbanyak Tong Sampah hingga Pengecatan Pos Ronda

0
SHARE

PETIR – Setelah dikunjungi tim juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, 14 November lalu, Pemerintah Desa Sindangsari, Kecamatan Petir, bersama warga RT 10 RW 003, Kampung Kepandean Nyomplong, berencana melakukan penataan lanjutan. Mereka fokus pengadaan tong sampah hingga pengecatan pos ronda.

Sekretaris Desa Sindangsari Rina Kartika mengatakan, bersama warga Kepandean Nyomplong, pihaknya akan menata kampung sesuai catatan tim juri. ”Mulai sekarang ini (kemarin, 21/11-red), kita menata kekurangannya. Catatan tim juri kemarin, tong sampah dan pengecatan pos ronda,” ujarnya kepada Radar Banten.

Menurut perempuan yang akrab disapa Rina itu, dalam proses penilaian, tim juri mengapresiasi beberapa penataan di Kepandean Nyomplong. Mulai dari gapura, pemagaran di sepanjang pinggir jalan, penataan tanaman, hingga keberadaan taman kampung. “Alhamdulillah, respons dari tim juri bagus. Tinggal kami tingkatkan lagi,” katanya.

Rencananya, kata Rina, tong sampah akan dibuat dari drum bekas atau bekas ember cat. Pemasangannya, di tiap rumah warga. Pembuatan tempat pembuangan sampah sementara di lahan kosong milik warga juga telah direncanakan. “Paling dua itu yang jadi catatan tim juri. Lain-lainnya akan kita tata bertahap hingga penilaian tahap kedua berjalan (dimulai 2 Desember 2019-red),” terangnya.

Jika kampungnya tak meraih juara LKBA Kabupaten Serang, Rina berharap, kegiatan seperti ini mendorong dan mengembalikan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat. “Gotong royong warga menjadi hidup. Warga mulai senang dengan kampungnya yang bersih dan nyaman,” ungkapnya.

Ketua RT 10 RW 003, Kampung Kepandean Nyomplong, Dasuki mengakui jika penataan lanjutan dilakukan agar pada penilaian tahap kedua bisa meraih hasil maksimal. “Kita siap menata, mulai dari pengecatan pos ronda dan pembagian tong sampah. Paling, dimulai dari pengecatan pos ronda,” pungkasnya. (fdr/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here