Home TANGERANG HUB Festival Budaya Sambut Rakorwil Apeksi

Festival Budaya Sambut Rakorwil Apeksi

0
SHARE
Penampilan budaya nusantara melalui festival budaya siap menyambut tamu Rakerwil Apeksi di Kota Tangerang pada tanggal 5-8 Desember. FOTO: Humas for Tangerang Ekspres

TANGERANG – Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang kembali menggelar festival budaya untuk menarik wisatawan datang ke Kota Tangerang. Kegiatan tersebut rencananya digelar pada 5 sampai 8 Desember mendatang dengan menampilkan berbagai budaya Nusantara.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rina Heraningsih mengatakan, festival budaya ini bertepatan dengan pelaksanaan Rakorkomwil Apeksi III. Sehingga tampilan kesenian dari 24 kota tersebut akan turut meramaikan pembukaan acara.

“Berbagai perlombaan menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang akan dimulai dari hari pertama festival, yaitu Lomba Fashion Carnaval, Lomba Musik Tradisi, Lomba Lenong Betawi, Lomba Seni Liong Naga, Lomba Seni Barongsai, Lomba Fotografi, dan Lomba Kuliner khas Kota Tangerang (khusus PKK se-Kota Tangerang),”ujar Rina saat ditemui Tangerang Ekspres pada saat menghadari Lipo Village Festival, Sabtu (23/11).

Rina menambahkan, dari 6 perlombaan yang dibuka untuk umum, total sudah ada 200 peserta yang telah daftar melalui online maupun offline. Bahkan tahun ini peserta yang mendaftar sangat antusias dalam lomba yang digelar pada Festival Budaya III.

“Peserta ada yang dari Cilegon, Pekalongan, Kediri, Tarakan, dan daerah lainnya. Peserta masih akan terus bertambah, karena pendaftaran masih dibuka sampai 1 Desember mendatang,”paparnya.

Ia menjelaskan, akan ada 110 stand kuliner, fashion, ataupun kerajinan tangan oleh para pelaku UKM se-Kota Tangerang dan juga para komunitas-komunitas seni yang ada di Kota Tangerang.

“Jadi para pengunjung yang hadir di Festival Budaya Nusantara III, selain bisa menyaksikan hiburan di panggung, bisa juga sambil menikmati kuliner khas Kota Tangerang,”ungkapnya.

Kata Rina, tak hanya kebudayaan Indonesia saja, beberapa negara akan turut hadir yaitu Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Mereka akan mengikuti rangkaian acara  dari pembukaan sampai penutupan, dan akan menampilkan kesenian-kesenian khas negara mereka.

“Kami juga menyajikan artis ibukota yang siap menghibur masyarakat, yaitu Rina Nose, Daus Mini, Azis Gagap, Komeng, Jarwo Kuat, Narji, Doyok, dan Ginanjar. Tentunya, dengan diadakannya Festival Budaya Nusantara ini dapat menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kota Tangerang,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here