Home TANGERANG HUB Pemkab Diganjar Penghargaan Inovasi Desa

Pemkab Diganjar Penghargaan Inovasi Desa

0
SHARE
SALAM KOMANDO: Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar (empat dari kiri) memberikan pengahargaan PID kepada Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli (tida dari kiri) di Hotel Merlyn Park, Jakarta Pusat, Senin (25/11). FOTO: Humas Pemkab Tangerang for Tangerang Ekspres

JAKARTA – Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), memberikan penghargaan program inovasi desa (PID) kepada Pemkab Tangerang. Khususnya pembangunan di Desa Dangdang, Kecamatan Cisauk.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhajir Effendy mengatakan, pemercepatan pembangunan tingkat desa membutuhkan terobosan. Ia berpesan program terbaik mempercepat pembangunan desa di perlukann formula 4C.

“Membangun kemajuan desa, tidak bisa menggunakan cara lama. Diperlukan inovasi di berbagai bidang untuk mempercepat pembangunan desa. Salah satunya dengan critical thingking (kritis), creative and inovation (kreatif inovatif), communication skills (komunikasi) dan collaboration (kolaborasi),” katanya saat sambutan pembukaan di Hotel Merlyn Park, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

Sementara, Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan, keberhasilan pemkab dalam membangun inovasi desa merupakan kerja nyata semua elemen bersama warga. Ia mengapresiasi kelancaran komunikasi lintas organisasi perangkat dearah (OPD) dalam membangun desa.

“Penghargaan ini didapat karena selama ini kerja keras semua pihak dari tingkat desa hingga tingkat dinas. Dimana, tidak bosan-bosannya berkoordinasi dengan pimpinan dearh dalam memberikan pelyanan erbaik bagi warga di desa. Hingga akhirnya kita diganjar penghargaan ini,” katanya usai menerima penghargaan dari Menteri Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, bersama 24 kabupaten lain.

Mad Romli berharap, program inovasi desa di Desa Dangdang, Kecamatan Cisau, diterapkan di 245 desa lain se-Kabupaten Tangerang. Menurutnya, banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh warga setelah PID diterapkan di desa. “Saya harap dengan penghargaan ini dapat merangsang desa yang lain melakukan inovasi yang berbeda. Tidak sekedar meniru yang sudah ada,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang, Adiat Nuryasin mengatakn, PID dibentuk Kemendes PDTT sejak 2017, dan di 2019 dilakukan penilaian. Setelah tiga tahun berjalan, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Dangdang Kecamatan Cisauk dinilai berhasil dan masuk nominasi TPID terbaik tingkat nasional.

“Penghargaan ini tentu buah dari dedikasi yang tinggi dalam mendorong munculnya inovasi desa. Utamanya daya dukung warga terhadap program yang dicanangkan pemerintah desa. Tentu kedepan kita akan perbanyak desa menerapkan program PID dengan inovasi yang berbeda-beda,” tutupnya. (rlis/mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here