Home OLAHRAGA Pra PON Cabor Tarung Derajat: Amankan 2 Tiket PON

Pra PON Cabor Tarung Derajat: Amankan 2 Tiket PON

0
SHARE
DUA PERUNGGU: Petarung Banten Abidin (kiri) dan Ari Fadli sukses menghasilkan dua medali perunggu dan berhak tampil di PON XX/2020 di Papua. FOTO: RBNN

PENGURUS Provinsi Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Pengprov Kodrat) Banten sukses mengamankan dua tiket PON XX/2020 di Papua dari ajang Babak Kualifikasi Pekan Olahrga Nasional (PON) atau yang dikenal dengan sebutan Pra PON. Itu setelah dua atletnya sukses merebut medali perunggu pada Pra PON yang digelar di Bandung, Minggu (24/11).

Kedua atlet yang lolos dengan medali perunggu pertama adalah Abidin yang berlaga di kelas 70-75 Kg dan Ari Fadli petarung kelas 58-61 Kg. Keduanya harus puas membawa pulang perunggu setelah dikalahkan atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) di partai semifinal.

Menanggapi pencapaian dua atlet Banten tersebut Asisten Pelatih Pra PON Tarung Derajat, Ari Suprihatin mengatakan pencapaiannya sudah maksimal. Karena kalau dilihat hasil drawing dan lawan yang dihadapi atlet Banten bertemu lawan tangguh sejak babak awal.

Ari berharap untuk PON XX/2020 nanti anak asuhnya mampu meningkatkan prestasi saat berlaga di Papua nanti. Setidaknya, Abidin dan Ari dapat meningkatkan apa yang diraih saat ini dengan meraih perak atau emas.

“Pertandingan yang sebenarnya ada di PON. Di Pra PON ini yang penting lolos dulu. Mereka sudah berjuang keras. Nanti untuk selanjutnya kita harap di PON mereka bisa perak atau emas,” ujarnya, Senin (25/11).

Sebenarnya, Banten di Pra PON menargetkan 3 atlet yang lolos. Sayangnya 1 atlet yang diharapkan meraih medali perunggu yakni Muhaimin gagal di babak penyisihan setelah dikalahkan wakil Nusa Tenggara Timur. “Muhaimin sebelum ke semifinal langsung ketemu lawan yang kuat,” tambah Ari.

Di ajang tersebut Pengprov Kodrat Banten memboyong 18 atlet terbaiknya. Mereka turun di nomor tarung bebas putri, tarung bebas putra dan seni gerak. Ari mengaku puas dengan hasil yang didapat Banten ini meski hanya meloloskan 2 atlet saja dari 18 yang diboyong.

“Karena persaingan ini juga ketat. Sudah sangat bersyukur kami bisa meloloskan 2 atlet walaupun yang ditargetkan 3. Bahkan dari Provinsi yang bertanding, ada juga atletnya yang tidak ada yang lolos,” ujarnya.

Usai dipastikan lolos langkah selanjutnya untuk menghadapi PON XX/2020 Papua, Pengprov Tarung Derajat bakal mengadakan kembali Pelatda. Dijadwalkan Pelatda PON Tarung Derajat akan dimulai pada awal Desember mendatang. “Sesuai dari pembicaraan dengan KONI Banten kita Pelatda awal Desember. Kemungkinan berpusat di Kota Tangerang,” pungkas Ari. (apw/bio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here