Home OLAHRAGA Tes Pramusim MotoGP Jerez, Suzuki Tembus Tiga Besar

Tes Pramusim MotoGP Jerez, Suzuki Tembus Tiga Besar

0
SHARE
PERINGKAT KEDUA: Alex Rins menunjukkan peningkatan kemampuan motor dengan menempati posisi kedua tes pramusim MotoGP Jerez. FOTO: Motogp.com

HASIL tes pramusim MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol disambut baik oleh Tim Suzuki Ecstar lantaran pebalapnya Alex Rins dan Joan Mir mampu menembus posisi 3 Besar. Pembenahan dalam hal top speed yang selama ini dikeluhkan pebalap dipastikan perlahan tapi pasti sudah terjadi.

Peningkatan terjadi pada hari kedua tes pramusim, Selasa (26/11) siang waktu setempat. Dimana Alex Rins mampu memperbaiki posisi dari hanya menempati posisi keempat di hari pertama menjadi posisi runner-up di hari kedua.

Sementara Mir mampu mempertahankan posisi yang sama di peringkat ketiga pada hari kedua. Sedang Marc Marquez mampu beradaptasi dengan baik dengan motor Honda-nya dengan mampu menjadi yang tercepat pertama di hari kedua setelah dihari pertama ada di posisi keenam.

Marquez mampu memperbaiki catatan waktu dihari pertama dimana dalam satu lap ia meraih kecepatan 1 menit 38,227 detik yang dicatat di lap ke 22 dari 69 lap yang dilakoni. Sedang dihari kedua Marquez mencatat satu detik lebih cepat yakni 1 menit 37,820 detik saat melahap lap ketiga dari 14 lap yang dijalani.

Sementara Rins yang mencatat 1 menit 38,089 detik di lap 51 pada hari pertama mampu mencatat waktu lebih baik di hari kedua menjadi 1 menit 37,837 detik di lap ketiga.

Sedang Mir mampu mencatat waktu terbaik di lap ke-34 di hari pertama dengan catatan waktu 1 menit 38,012 detik. Di hari kedua ia memperbaiki diri dengan mencatat 1 menit 37,959 detik di lap ke-9 dari 12 lap yang dijalani pada hari kedua.

Perbaikan waktu yang mampu dihasilkan Rins dan Mir tak lantas membuat tim pabrikan asal Jepang ini puas. Mereka melihat masih banyak PR (pekerjaan rumah) untuk memperbaiki mesin dan performa motor Suzuki GSX-RR versi 2020.

Sebelumnya usai tes hari pertama, Senin (25/11) pebalap Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengaku senang dengan performa apiknya saat mentas di tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Rasa puasnya tersebut tentu didasarkan pada hasil ketika ia dan rekannya, Joan Mir mampu menembus posisi lima besar.

Rins sendiri berhasil menempati urutan keempat, sementara Mir satu tempat di atas Rins yang mengisi posisi ketiga. Meski belum menjadi yang tercepat, tetapi duo Suzuki itu menjadi satu-satunya tim yang mampu menembus dominasi Yamaha di urutan lima besar.

Rins pun merasa tes yang ia lakukan pada hari pertama berjalan sangat positif. Sama seperti di tes pramusim pertama di Valencia, Rins melakukan ujicoba yang tak jauh berbeda, termasuk menjajal mesin baru yang akan digunakan untuk MotoGP 2020.

Beruntung semuanya berjalan sangat positif. Meski sempat turun hujan, namun hal itu tak mengurangi performa apiknya di Jerez yang dirasa Rins sebagai hasil yang cukup bagus.

“Itu sangat bagus. Kami menguji hal yang sama seperti di Valencia, termasuk mesin untuk 2020, dan mengonfirmasi semuanya. Pada hari pertama kemarin adalah hari yang baik,” ungkap Rins, mengutip dari Speedweek, Selasa (26/11).

“Sayang sekali karena hujan sedikit turun (pada hari pertama). Karena itu, kami tidak dapat mendorong untuk melakukan putaran cepat. Tapi saya masih berpikir kami cukup bagus,” tukas pembalap berusia 23 tahun tersebut.

Sementara itu pebalap Suzuki Ecstar lainnya, Joan Mir meyakini timnya hanya butuh satu perbaikan besar di kecepatan saat kualifikasi atau top speed dalam menyambut MotoGP 2020. Kalau ini bisa diatasi, dia meyakini Suzuki bisa menang dimanapun MotoGP digelar.

Kelemahan Suzuki dalam mengejar waktu satu lap memang terlihat di MotoGP 2019. Alex Rins hanya meraih satu pole dari 19 seri. Sedangkan Mir hanya mampu meraih posisi kelima sebagai posisi tertinggi selama MotoGP 2019 berlangsung.

Ditambah kurang gaharnya top speed motor Suzuki dibandingkan Honda atau Ducati, klub bermarkas di Hamamatsu ini makin sulit bersaing. Maka itu, satu hal di atas menjadi fokus yang harus diperbaiki Suzuki.

“Di area sasis, kami harus memperbaiki hasil di lap tercepat. Kami harus lebih pandai memakai ban anyar. Itu area yang harus kami perbaiki,” ujar Mir soal performa Suzuki jelang MotoGP 2020.

“Dalam hal mesin, kami butuh top speed lebih bagus, agar bisa mendekati Honda dan Ducati. Kami harus perbaiki top speed dan kualifikasi, kekurangan di dua hal itu sungguh menyulitkan,” ujar Mir.

Suzuki sudah memperkenalkan mesin baru mereka di tes pasca musim di Valencia pekan lalu (19/11). Rins dan Mir menyambut baik mesin anyar tersebut dan mampu berada pada persaingan pebalap tercepat di posisi kelima dan keenam.

“Saya cukup bahagia dengan pekerjaan yang dilakukan dalam dua hari terakhir. Sepertinya kami tak kalah di area manapun,” kata Rins.

“Kami harus memperbaiki waktu di trek lurus dan juga akselereasi. Trek di Valencia tidak memungkinkan untuk merasakan perbedaan, tapi saya merasa nyaman,” ucapnya. (apw/mgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here