Home PENDIDIKAN Tangsel dan Kabupaten Tangerang Jadi KEK di Bidang Pendidikan, Universitas dari Australia...

Tangsel dan Kabupaten Tangerang Jadi KEK di Bidang Pendidikan, Universitas dari Australia Akan Dirikan Kampus

0
SHARE
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di malam Inaugurasi Hut ke-11 Kota Tangsel di Puspenerbad, Pondok Cabe, Selasa (26/11). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

PAMULANG-Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang boleh berbangga diri. Karena pemerintah pusat telah menetapkan dua wilayah tersebut menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pendidikan. Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Banten Andik Hazrumy saat memberikan sambutan dalam malam innagurasi HUT ke-11 Kota Tangsel di Lapangan Skadron 21/Sena Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Selasa (26/11) malam.

Andika mengaku, satu minggu lalu dipanggil Menko Perekonomian. Dalam pertemuan itu, disampaikan  Provinsi Banten disetujui menjadi KEK di bidang pendidikan. Daerah yang ditepakan sebagai KEK adalah Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang. “Rencana ini merupakan bagian dari langkah pemerintah pusat dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia agar memiliki kualitas dan mampu bersaing dengan negara lain di tingkat internasional,” ujarnya.

Andika mengaku bangga karena Banten khususnya Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang sudah diputuskan oleh pemerintah pusat sebagai KEK pendidikan. Nantinya Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang akan menjadi pusat pendidikan. “ Banten harus maju.Salah satu indikatornya adalah bagaimana daerah-daerahnya bisa memberikan kontribusi yang sangat maksimal,” tambahnya. Masih menurutnya, ia bersama Walikota Tangsel memiliki ide, bila Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel sudah ditetapkan sebagai KEK, berarti Banten akan menjadi wilayah yang sangat luar biasa. Yakni dalam konteks penguatan pendidikan, bahkan akan ditambahkan pendidikan teknologi, kesehatan dan lingkungan.

Salah satu kampus yang sudah siap untuk mengalihkan kontribusi pendidikan dari luar negeri ke Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang adalah Monash University, Australia. Mereka bersedia membangun fasilitas pendidikan di Banten di dalam KEK, kerangka pendidikan yang ada di Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang.

“Kota Tangsel harus menjadi kota yang berdaya saing internasional karena peluangnya ada, kemampuannya ada, hasilnya juga sangat luar biasa dan juga dalam konteks kontribusi fasilitas pelayanan publik masyarakat yang juga sangat luar biasa,” jelasnya.

Ia berharap semua kalangan dapat menjaga capaian yang telah dicapai Kota Tangsel. Sebelas tahun merupakan waktu yang sangat singkat, tapi Kota Tangsel sudah bisa menjelma menjadi kota terbaik yang ada di Provinsi Banten dan di tingkat nasional. “Saya berharap dan mendorong Kota Tangsel menjadi kota yang memiliki daya saing dalam tingkat nasional dan internasional,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here