Home TANGERANG HUB Hadapi Porprov Tahun 2022, Cabor Dilatih Manajemen Organisasi

Hadapi Porprov Tahun 2022, Cabor Dilatih Manajemen Organisasi

0
SHARE
TAMBAH ILMU: Peserta pelatihan manajemen organisasi dan keuangan cabang olahraga Koni Kota Tangerang foto bersama di Gedung Cisadane, Sabtu (30/11). FOTO: Humas

TANGERANG –  Cabang olahraga (Cabor) Koni Kota Tangerang dilatih manajemen organisasi dan keuangan. Pelatihan diberikan dalam rangka persiapan menghadapai Porprov Banten tahun 2022 nanti.

Pelatihan diikuti perwakilan pengurus dari 43 Cabang Olahraga dan Koordinator Kecamatan. Kegiatan yang berlangsung dua hari di Gedung Cisadane dibuka langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Engkos Zarkasyi, Sabtu (30/11).

Hadi Rusman, Ketua Koni Kota Tangerang menyampaikan, pelatihan ini untuk menambah pengetahuan pengurus Cabor terkait pengelolaan dana hibah yang diberikan Pemkot Tangerang untuk pengembangan olahraga.

“Ini untuk meningkatkan SDM cabor dalam hal manajemen keuangan dan organisasi yang mereka jalani sehari-hari,” katanya.

Selain itu, laporan pertanggungjawaban keuangan yang dibuat Cabor nantinya diharapkan memiliki keseragaman. “Kita mengambil dasar pengetahuannya dari Koni Provinsi Banten. Bagaimana manajemen keuangan Koni Provinsi, dari situ kita tiru,” ujarnya.

Hadi menambahkan, Cabor secara organisasi juga harus lebih baik kedepannya. Mengingat Kota Tangerang akan jadi tuan rumah Porprov tahun 2022 nanti. Ia menekankan Cabor, bahwa Kota Tangerang punya target juara umum pada Porprov ke-6. “Juara umum itu target, tapi tidak boleh beli atlet. Harus benar-benar atlet binaan sendiri,” kata Hadi. Untuk itu, Cabor harus memperbaiki organisasinya terutama dalam membina atlet untuk mempersiapkan Porprov.

Hal senada diutarakan Kepala Dispora Engkos Zarkasyi bahwa Kota Tangerang tidak boleh mengambil atlet dari luar pada saat Porprov nanti. “Ini sudah diminta Pak Walikota, Kota Tangerang harus atlet sendiri. Ketahuan pakai atlet cabutan, saya coret bonusnya,” tegas Engkos.

Untuk itu, Engkos meminta Cabor segera mempersiapkan diri membina atlet-atlet potensial dan berprestasi. Agar saatnya nanti sudah siap bertanding di Porprov. “Saya akui mencari atlet itu susah, tapi itu tantangannya,” kata Engkos.

Terkait kesiapan Kota Tangerang menghadapi Porprov Banten, kata Engkos, Pemkot Tangerang sudah memikirkannya terutama pembangunan sarana dan prasarana. Dispora sedang menginventarisir kebutuhan Porprov seperti venue dan anggaran. “Kita sudah keliling dengan Koni ke sejumlah GOR yang ada agar dilakukan perbaikan. Termasuk membangun venue baru yang berstandar internasional,” katanya.

Diketahui, selama dua hari peserta dibekali pengetahuan mengenai pengelolaan anggaran dana hibah untuk pengembangan olahraga. Materi disampaikan oleh Bendahara Umum Koni Banten, Hery Suheri. Sedangkan materi manajemen organisasi cabang olahraga disampaikan Wakil Ketua Koni Banten Engkos Kosasih.  (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here