Home PENDIDIKAN PKM STMIK Eresha Pamulang, Ajarkan Membuat Aplikasi

PKM STMIK Eresha Pamulang, Ajarkan Membuat Aplikasi

0
SHARE
BENTANGKAN SPANDUK: Mahasiswa STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel beserta siswa SMK BPM Parung Panjang, Kabupaten Bogor, membentangkan spanduk seusai mengikuti pelatihan, belum lama ini.

PAMULANG – Sebanyak lima mahasiswa Program Studi Magister Komputer, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Eresha Pamulang, Kota Tangsel melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK BPM Parung Panjang, Kabupaten Bogor yang berlangsung pada 30 November 2019. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar di sekolah tersebut.

Kegiatan diprakasai Fadly Maulana,S.Kom Rimasya Ayu Jaeningsih, S.Kom, Anwar Syarifudin,S.Kom, Eva Windiyani, S.Kom dan Ardiyansyah,S.Kom mengadakan pengenalan dan pelatihan dengan tema “Membuat Aplikasi Android Tanpa Kode, Mudah dan Menyenangkan dengan App Inventor” tidak terlepas dari kerjasama dengan guru SMK BPM Parung Panjang.

“Kegiatan yang diikuti 40 orang siswa jurusan RPL pada SMK BPM Parung Panjang,” ujar  Eva Windiyani, salah satu peserta PKM STMIK Eresha Pamulang

Hal yang sama diungkapkan Anwar Syarifudin, pengenalan dan wawasan tentang mobile programming dan android karena di SMK BPM Parung Panjang, memiliki jurusan RPL. Namun belum ada mata pelajaran tentang mobile programming dan android.

Ia menjelaskan, pengenalan software App Inventor merup akan salah satu software yang digunakan untuk membuat aplikasi android, MIT App Inventor adalah aplikasi inovatif yang dikembangkan google dan MIT untuk mengenalkan dan mengembangkan pemprograman android, dengan mentransformasikan bahasa pemprogaman yang kompleks berbasis teks menjadi visual (drag and drop) berbentuk blok-blok.

Selanjutnya, untuk praktek pembuatan aplikasi android siswa SMK BPM Parung Panjang dengan komputer atau laptop masing-masing sampai aplikasi itu berjalan. Untuk praktek pembuatan aplikasi, salah satunya sebagai keperluan di lingkungan sekolah, membuat aplikasi iuran kas berbasis android atau mobile.

“Siswa sangat antusias dengan kegiatan ini. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para mahasiswa STMIK Eresha Pamulang berbagi wawasan, pengetahuan dan pengenalan kepada para siswa tentang android khususnya dengan App Inventor ,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua LPPM STMIK Eresha Pamulang Dr. Abu Khalid Rivai, M.Eng , menjelaskan, kegiatan ini salah satu bentuk pengaplikasian tridharma perguruan tinggi, serta kegiatan ini merupakan bentuk latihan bagi mahasiswa STMIK Eresha untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di perguruan tinggi.

Jauh lebih penting, mahasiswa harus mampu memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat melalui kegiatan PKM. “Semoga apa yang mahasiswa sampaikan bermanfaat dan berguna bagi siswa SMK BPM Parung Panjang,” tegasnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here