Home BANTEN Cimanik Lebih Bersih dan Rapi

Cimanik Lebih Bersih dan Rapi

0
SHARE

TUNJUNGTEJA – Lingkungan RT 12 dan RT 13 di RW 03, Kampung Cimanik, Desa/Kecamatan Tunjungteja, menjadi lebih baik. Pada penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang, Selasa (10/12), lebih bersih dan lebih rapi. Jauh berbeda dibandingkan saat penilaian tahap pertama, pertengahan November 2019.

Kedatangan tim 5 juri LKBA di Cimanik disambut oleh kelompok kasidah ibu-ibu majelis taklim. Puluhan warga ikut meramaikan acara penyambutan. “Dulu (saat penilaian tahap pertama-red), belum ada tempat sampah. Pemagarannya juga belum selesai. Tapi sekarang, lingkungannya jadi rapi dan bersih,” ungkap anggota tim 5 juri perwakilan dari Polda Banten, Iptu Mukhayat.

Di setiap rumah warga juga tersedia tempat sampah. Radar Banten yang mengikuti tim juri, tidak menemukan sampah plastik dan sampah lain di halaman rumah warga. Kampung ini pun terasa asri. Banyak pot bunga dan tanaman hias. “Saya suka dengan penataannya. Bersih dan rapih,” ujar Mukhayat.

Namun, kekurangan masih ditemukan di Cimanik. Tiga pos ronda di kampung ini belum dilengkapi dengan peralatan keamanan yang ideal. Pos ronda pertama berada di bagian depan kampung, dekat Jalan Raya Tunjungteja-Pamarayan. Pos ronda kedua, di dalam kampung. Dan pos ronda ketiga, di perbatasan Kampung Cimanik dan Kampung Kendal.

“Pos rondanya belum dilengkapi perangkat keamanan seperti alat pemadam kebakaran sederhana, buku mutasi, borgol, dan pentungan,” tegas Mukhayat.

Menanggapi itu, Kepala Desa Tunjungteja Endang Mubarok mengaku, belum sempat menyiapkan peralatan keamanan di ketiga pos ronda. “Segera akan kami lengkapi,” janjinya.

Endang mengaku, kerapihan Kampung Cimanik merupakan target awal yang disepakati pemerintah desa dan warga. Kerja sama antara pemerintah desa dan warga membuat Cimanik tidak kumuh lagi. “Peran warga sangat besar. Semoga, ini menjadi kebiasaan baik yang terus digalakkan,” pungkasnya. (mg06/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here