Home BANTEN Pemanfaatan Limbah Kayu di Karanganyar

Pemanfaatan Limbah Kayu di Karanganyar

0
SHARE

CIRUAS – Sisa potongan kayu bermanfaat bagi warga RW 002, Kampung Karanganyar, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas. Limbah ini digunakan untuk mempercantik dan merapikan lingkungan mereka.

Pemanfaatan limbah kayu ini disaksikan tim 2 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang saat mengunjungi Karanganyar, Kamis (12/12). Pantauan Radar Banten, kedatangan tim juri disambut oleh puluhan warga kampung. Antusiasme warga berbanding dengan kondisi lingkungannya.

Rumah-rumah warga di kampung ini telah dilengkapi tong sampah. Peralatan keamanan di pos ronda dilengkapi. Sisa potongan kayu dirangkai menjadi penutup tempat pembuangan sampah sementara (TPSS). Limbah kayu ini juga digunakan sebagai pagar sekaligus penghias pos ronda.

Ketua RW 002, Kampung Karanganyar, Fayumi mengatakan, pemanfaatan limbah kayu merupakan kreasi warganya. “Iya, itu pakai limbah kayu. Dipasang di bak penampungan sampah sementara sama pos ronda,” ujarnya.

Fayumi menyebutkan beberapa perubahan yang dilakukan warga. Yakni, penataan taman kampung, penambahan peralatan pos ronda, dan pembuatan gapura. “Kalau tong sampah, sudah kita siapkan tiap rumah setelah penilaian tahap pertama,” katanya. “Pos Ronda sudah kita siapkan agar menarik. Borgol, nomor-nomor penting, dan lainnya sudah ada. Alhamdulillah, ini swadaya masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Desa Singamerta Ade Faisal Mabtuhi mengatakan, warga Karanganyar telah lama mempersiapkan penataan lingkungannya. “Warga kami sudah bergotong royong untuk kebersihan lingkungan. Alhamdulillah, ada perbaikan-perbaikan,” ucapnya.

Sementara itu, koordinator tim 2 juri LKBA Iptu Juwaeni mengakui, kebersihan dan dekorasi lingkungan Karanganyar mengalami peningkatan. “Bagus, saya apresiasi. Luar biasa sambutan dan keinginan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan,” terangnya. (fdr/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here