Home TANGERANG HUB Pembayaran BRT Nontunai

Pembayaran BRT Nontunai

0
SHARE
TANPA CASH: Sekarang naik BRT tidak pakai uang tunai, melainkan dengan Gopat, Ovo, e-Money. FOTO: Net

TANGERANG – Pembayaran BRT tak lagi tunai. Dinas Perhubungan sudah memberlakukan sistem pembayaran nontunai melalui Ovo, Gopay, dan Dana. Penggunaan sistem digital untuk mempermudah masyarakat yang menggunakan BRT.

Kepala Dishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengatakan, pembayaran ini sudah dilakukan sejak 5 Desember. Pembayaran tersebut inovasi untuk mempermudah masyarakat yang menggunakan BRT untuk alat transportasi.

“Penggunaan sistem digital sudah berjalan seminggu, bahkan masyarakat sangat antusias karena saat ini masyarakat juga menggunakan pembayaran digital. Maka itu, kita coba dengan yang sudah disiapkan alatnya di dekat pintu BRT,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di kantornya, Kamis (12/12).

Wahyudi menambahkan, penggunaan sistem digital tersebut Dishub sudah bekerjasama dengan pihak Bank BJB. Dengan menggunakan sistem single barcode, sistem tersebut juga bisa menggunakan kartu E-money.

“Dengan menggunakan sistem digital ini, kami bisa menghitung pendapatan BRT secara detail dan juga secara realtime. Jadi tidak akan bingung untuk melakukan penghitungan, karena akan terlihat dengan jelas pendapatan yang diraih per unit bus,”paparnya.

Ia menjelaskan, alat single barcode saat ini baru dipasang didalam BRT, rencanannya juga akan dipasang di halte BRT yang ada. Hal tersebut mempermudah masyarakat, jadi pada saat ingin naik BRT tinggal tap saja barcode yang ada dimesin single barcode.

“Kami juga ingin pasang mesin single barcode di seluruh halte BRT. Jadi pada saat masyarakat ingin naik BRT, masuk ke halte langsung tap saja dan tidak perlu membayar pada asisten sopir yang ada di dalam BRT,”ungkapnya.

Sementara itu, Indri Purnawasari salah satu warga yang menggunakan jasa BRT menuturkan, dengan pembayaran digital sangat mudah, apalagi dengan hanya membayar Rp.2000 bisa naik BRT keliling Kota Tangerang dengan berbagai jurusan.

“Saya memang sangat senang dengan menggunakan BRT, apalagi sekarang sudah kerjasama dengan OVO dan juga Gopay jadi lebih mudah tinggal di barcode saja langsung bisa naik BRT dan tidak perlu lagi menyiapkan uang receh,”pungkasnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here