Home PENDIDIKAN LPM Banten Bina 180 Sekolah untuk mencapai 8 SNP

LPM Banten Bina 180 Sekolah untuk mencapai 8 SNP

0
SHARE
Sekolah yang memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP), serta, menunjukkan peningkatan capaian kinerja mendapat penghargaan dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten.

TANGERANG – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten mengganjar SD, SMP, dan SMA/K yang berpretasi. Sekolah tersebut, telah memenuhi dan menjalankan 8 standar nasional pendidikan (SNP). Serta, sekolah yang mampu menunjukan peningkatan capaian kinerja dari proses penjaminan mutu sekolah.

Pemberian penghargaan dilakukan pada kegiatan Diseminasi Penaminan Mutu Pendidikan Provinsi Banten di Hotel Grand Sol Marina, Kota Tangerang, Kamis malam (12/12). Kepala LPMP Provinsi Banten Iwan Kurniawan mengatakan, pada proses penjaminan mutu bersinergi dengan pemerintah daerah dan sekolah. Sehingga, ada efek domino terhadap sekolah lain. “Kita membantu bagaimana pemerintah dearah dan sekolah bisa mencapai mutu standar nasional pendidikan. Jumlah sekolah di Banten cukup besar sekira ada 7.400 sekolah. Harapannya sekolah bisa mengimbaskan ke sekolah lainnya dalam hal penjaminan mutu,” katanya kepada Tangerang Ekspres dalam kegiatan Diseminasi Penaminan Mutu Pendidikan Provini Banten di Hotel Grand Sol Marina, Kota Tanggerang, Kamis sore (12/12).

Ia menerangkan, pengembangan mutu pendidikan dilakukan secara bertahap melalui sekolah binaan sebanyak 180 sekolah yang tersebar di 8 kabupaten/kota di Banten. Di mana, sekolah binaan ini dapat menjadi sumber pembelajaran bagi sekolah lainnya. Sistem yang dibangun terdiri dari dua, yakni, sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dan sistem penjaminan mutu eksternal (SPME).

“Kita mengembangkan pola-pola penjaminan mutu melalui sekolah binaan. Sekolah binaan, menjadi acuan bagi sekolah lain dalam melaksanakan penjaminan mutu. Serta, sebagai pusat keunggulan. Dalam arti, setiap sekolah memiliki keunggulan yang dikembangkan secara mandiri,” jelasnya.

Iwan menerangkan, selain dari pengembangan sekolah binaan, LPMP memberikan apresiasi terhadap kinerja sekolah atas capaian pada proses penjaminan mutu. Hingga, pada akhirnya, sekolah bisa memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP). Serta, sekolah memaparkan gerakan positif yang dilakukan pada penjaminan mutu. Delapan SNP yang harus dicapai adalah, standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan.

“Mereka (sekolah) ekspose praktik-praktik baik yang mereka miliki. Seperti, gerakan literasi, pendidikan karakter hingga pembelajaran di sekolah. Nantinya, mendorong sekolah lain juga ingin berprestasi dalam hal proses penjaminan mutu,” jelasnya.

Ia memaparkan, kegiatan pengawasan pencapain SNP di 8 kabupaten/kota di Banten berupa, bimbingan teknis (bimtek) terkait supervisi pengawas sebanyak 573 orang. Lalu, bimtek supervisi bagi kepala sekolah sebanyak 633 orang. Kemudian, pendampingan supervisi pendidikan di 179 sekolah SD/SMP/SMA/SMK. Pada penjaminan mutu pendidikan ini, Iwan mengungkapkan menggandeng pihak ketiga sebagai penyedia aplikasi bagi guru dan siswa. “Kita juga gandeng Simdiku sebagai penyedia aplikasi secara lengkap dan komprehensif dalam penjaminan mutu pendidikan,” jelasnya.

Iwan berharap, kedepan pengembangan sekolah binaan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. “Karena LPMP juga memiliki keterbatasan anggaran. Kita bisa sinergi dalam mengembangkan sekolah binaan ini dalam rangka penjaminan mutu tadi. Sehingga jumlah sekolah binaan semakin meningkat dan ini bisa menjadi sumber belajar bagi sekolah lainnya,” tutupnya. (mg-10)

Daftar Juara dari Berbagai Kategori

TPMPD Terbaik (Tingkat Provinsi)

1. Dindikbud Kabupaten Tangerang

2. Dindikbud Kota Cilegon

3. Dindikbud Kabupaten Lebak

SPMI Tingkat Provinsi

1. SMA Raudatul Jannah, Kota Cilegon (Tingkat SMA)

2. SDN Banjarsari V, Kota Serang (Tingkat SD)

3. SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang (tingkat SMP)

Penataan Kelas Tingkat Provinsi

1. SDN Pondok Kacang Barat 3, Kota Tangsel (jenjang SD)

2. SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang (jenjang SMP)

3. SMK Husada Pratama, Kota Serang (jenjang SMK)

Penataan Ruang Guru tingkat Provinsi

1. SDN Banjarsari V, Kota Serang (jenjang SD)

2. SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang (jenjang SMP)

3. SDN Ciwandan, Kota Cilegon (jenjang SD)

Penataan Lingkungan Tingkat Provinsi

1. SMPN 2 Curug, Kota Serang (jenjang SMP)

2. SDN Ciwandan, Kota Cilegon (jenjang SD)

3. SMPIT RJ, Kota Cilegon (jenjang SMP)

Penataan Infografis Tingkat Provinsi

1. SMA Raudatul Jannah, Kota Cilegon (jenjang SMA)

2. SMKS Nurul Huda Baros, Kabupaten Serang (jenjang SMK)

3. SDN Banjarsari V, Kota Serang (jenjang SD)

Pembuatan Cerpen Tingkat Provinsi

1. SMPN 6 Kota Cilegon (jenjang SMP)

2. SDN Ciwandan, Kota Cilegon (jenjang SD)

3. SMAN 6 Kota Serang (jenjang SMA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here