Home OLAHRAGA Man. United vs AZ Alkmaar (4-0), Pujian Buat Greenwood

Man. United vs AZ Alkmaar (4-0), Pujian Buat Greenwood

0
SHARE
DUA GOL: Penyerang muda Manchester United Mason Greenwood (kanan) menjadi pahlawan kemenangan dengan mencetak gol ke gawang AZ Alkmaar. FOTO: Net

MANCHESTER United memastikan diri sebagai juara Grup L Liga Europa. Menyusul sukses MU menggulung AZ Alkmaar dengan skor 4-0 di matchday terakhir. Pada pertandingan di Old Trafford, Jumat (13/12) dinihari WIB, kedua tim bermain imbang di sepanjang babak pertama. Usai jeda, MU menggila dengan menggelontorkan empat gol dalam 11 menit.

Penyerang muda Mason Greenwood menginspirasi kemenangan MU dengan mencetak sepasang gol di menit 58 dan 64. Sedangkan gol-gol MU lainnya disumbangkan Ashley Young di menit ke-53 dan gol penalti Juan Mata di menit 63.

Dengan hasil ini, MU yang sudah lolos ke babak 32 besar, mengamankan posisi teratas Grup L. Setan merah mengumpulkan 13 poin, unggul empat poin dari Alkmaar yang menjadi runner-up.

Usai laga Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan rasa puas atas penampilan pemainnya. Ia pun memberi nilai plus pada Mason Greenwood yang dianggap sebagai sosok finisher sejati. Ia menolak mebandingkan sosol kelahiran Bradford ini dengan Rooney.

Pasalnya di usia yang sama mantan pemain Everton ini mampu membuat hat-trick ke gawang Fenerbache dalam debutnya di Liga Champions bersama MU.

Namun Solskjaer menegaskan bahwa Greenwood adalah tipe pemain yang berbeda dengan Rooney. Ia menyebut penggawa Inggri U-21 ini sebagai sosok yang sangat baik dalam urusan penyelesaian akhir.

“Tidak, tidak, tidak. Dia punya gaya main, Mason daripada Rooney, tapi dia menikmati malam ini,” ujar Solskjaer dikutip dari Sportskeeda.

“Dia di kelas yang berbeda sebagai finisher. Di dalam atau di dekat kotak penalti, anda merasa dia akan melakukan tendangan entah itu mengarah ke gawang atau tidak,” ujarnya.

“Penyelesaian akhirnya begitu terukur. Dia sangat baik untuk bis amenciptakan ruang bagi menciptakan ruang bagi dirinya sendiri,” jelas manajer asal Norwegia ini.

Greenwood kini tercatat total telah mengemas lima gol untuk tim utama The Red Devils di semua ajang.

Pertandingan bagus pertama MU di babak pertama tercipta di menit ke-33. Kerjasama Juan Mata dengan Ashley Young di sayap kanan, Mata melepaskan tembakan ke arah kanan bawah gawang tapi bisa diblok.

Menjelang jeda pertandingan, umpan saling Svensson mengirim umpan silang yang disontek De Wit meski bola masih melambung di atas gawang Sergio Romero.

Usai turun minum, MU membuang peluang bagus di menit ke-51. Greenwood melepaskan umpan silang mendatar tapi penyelesaian Martial dari depan gawang melambung tinggi.

MU akhirnya bisa memecah kebuntuan. Di menit ke-53, Ashley Young membuka keunggulan MU untuk mengubah skor menjadi 1-0. Sodoran Nemanja Matic kepada Mata diakhiri dengan sebuah umpan silang mendatar untuk diteruskan Young dengan sepakan yang bersarang ke jala atas gawang Alkmaar.

Keunggulan MU bertambah menjadi 2-0 pada lima menit kemudian. Umpan pendek Fredrick Midtjso, diteruskan Greenwood dengan melepaskan sepakan keras kaki kiri yang menembus gawang Alkmaar.

Pelanggaran Jordy Claisde terhadap Greenwood memaksa wasit menunjuk titik putih. Mata maju sebagai eksekutor, tendangan kaki kirinya sukses mengirim bola ke jala gawang untuk memperbesar skor MU 3-0 di menit ke-63.

Hanya semenit kemudian. MU berhasil mencetak gol keempatnya. Operan James Garner kepada Mata diselesaikan Greenwood dengan sepakan kaki kiri di dalam kotak penalti yang tidak mampu dihentikan Bizot. MU kini unggul 4-0 dari Alkmaar.

Di sisa pertandingan, tidak ada gol lain yang tercipta. Skor 4-0 untuk keunggulan MU bertahan sampai laga usai. (apw/dtc)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here