Home PENDIDIKAN FK BKK Hubungkan Tenaga Kerja dengan Perusahaan, Latih Siswa Siap Kerja

FK BKK Hubungkan Tenaga Kerja dengan Perusahaan, Latih Siswa Siap Kerja

0
SHARE
SERAHKAN SK: Kadisnaker Kabupaten Tangerang Jarnaji (kiri), menyerahkan SK FK BKK SMK Kabupaten Tangerang, seusai pelantikan dilaksanakan di Hotel Soll Marina Jatiuwung, Kota Tangerang, Senin (16/12). FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

JATIUWUNG – SMK harus membangun hubungan kerjasama dengan perusahaan atau industri. Tujuannya, memberikan kesempatan kepada peserta didiknya dalam mengembangkan disiplin ilmu atau keahliannya yang selama ini didaptkan di sekolah.

Untuk memudahkan komunikasi tersebut, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang membentuk  Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FK-BKK) SMK Kabupaten Tangerang.

Tujuannya, sebagai fasilitator memberikan pelayanan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, dari setiap lulusan SMK khususnya yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Tujuan dari terbentuknya forum ini, untuk memberikan informasi dari Dinas Tenaga Kerja, melalui data BKK secara online. Untuk menghubungkan tenaga kerja angkatan baru, khusus tamatan sekolah SMK dengan dunia industri,” jelas Aan Ansori, Ketua FK BKK SMK Kabupaten Tangerang, saat pelantikan FK-BKK SMK Kabupaten Tangerang, yang dilaksanakan di Hotel Soll Marina Jatiuwung, Kota Tangerang, Senin (16/12).

Ditambahkan Aan, tenaga kerja yang disalurkan ke perusahaan, juga khusus perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan FK-BKK. Karenanya, program kerja forum ini adalah mendata seluruh tenaga kerja, khusus tamatan SMK baik negeri maupun swasta. Juga menjalin kerjasama dengan seluruh perusahaan yang ada di Tangerang maupun Banten.

Sementara itu, Kadisnaker Kabupaten Tangerang, Jarnaji menyampaikan, agar forum ini dapat benar-benar menjadi penghubung, antara tenaga kerja angkatan baru dengan perusahaan yang membutuhkan, khususnya seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Saya harap, dengan adanya forum ini, dapat menjadi penghubung antara tenaga kerja angkatan baru, dengan perusahaan. Dengan begitu, jumlah angka pengangguran yang terus bertambah setiap tahun, dapat diatasi dengan cara seperti ini,” harap Jarnaji.

Lebih lanjut Jarnaji menambahkan, SMK harus menyiapkan lulusan yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, memiliki etos kerja yang tinggi serta berintegritas dan berorientasi kepada kebutuhan pasar. Serta harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar, sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja.

Kata Jarnaji, idealnya para lulusan SMK yang memiliki keahlian atau kemampuan dibidangnya dapat diserap langsung oleh dunia kerja. Namun, acap kali para lulusan tersebut hadapkan  dengan sempitnya ruang informasi yang mereka peroleh. Ditambah lagi dengan semakin ketatnya persaingan dengan pengangguran lain yang ada di luar Kabupaten Tangerang, yang mencoba masuk mengadu nasip di Kabupaten Tangerang.

“Kehadiran FK BKK SMK guna membantu menyalurkan dan menempatkan tamatannya untuk memasuki dunia kerja, sekaligus juga sebagai sumber informasi untuk pencari kerja,” tutup Jarnaji. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here