Home OLAHRAGA Pra PON Cabor Futsal, Banten Tekuk Kalsel

Pra PON Cabor Futsal, Banten Tekuk Kalsel

0
SHARE
JUARA GRUP: Tim futsal Banten wajib meraih gelar juara Grup C jika ingin lolos ke PON XX/2020 di Papua. FOTO: KBC

DITENGAH kegagalan tim sepakbola Banten di ajang Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) atau Pra PON , tim futsal menampilkan hasil berbeda. Tim futsal Banten yang sedang berlaga di Pra PON Futsal di GOR ITB II, Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat, mampu meraih kemenangan pertama di laga Grup C, Senin (16/12).

Tim Banten menaklukan Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan skor 2-1 lewat laga sengit dan ketat. Di mana baru di paruh kedua tim Banten mampu memastikan kemenangan atas tim asal Pulau Borneo tersebut.

Pertandingan kedua tim berjalan sengit. Sampai turun minum skor kacamata tak berubah. Banten baru memecah kebuntuan pada menit 23 melalui Ahmad Sihabudin. Gol kedua Banten dicetak Moehammad Sopyan di menit 37. Sementara gol semata wayang Kalsel dicetak Muhammad Hafist Fahreza semenit menjelang berakhirnya pertandingan yakni di menit 39.

Pelatih Tim Futsal Pra PON XX/1010 Papua Banten, Affri Afdallah mengatakan pada saat itu anak asuhnya mampu mendominasi jalannya pertandingan. Nmaun, rapatnya barisan pertahanan dari Kalsel membuat Banten kesulitan untuk membuat gol.

“Kolektifitas permainan dari Kalsel membuat kita harus berhati-hati. Kita ada 4 peluang di babak pertama tapi belum terjadi gol. Kalsel juga, mereka ada 3 peluang,” ujarnya usai pertandingan.

Memasuki babak kedua, Banten mencoba menaikkan intensitas serangan. Terbukti dua gol tercipta pada babak kedua. Nmaun, Banten harus kecolongan di menit-menit akhir.

“Alhamdulillah di babak kedua bisa menciptakan dua gol. Anak-anak sudah mulai nyaman dengan permainannya. Tapi konsentrasi mereka terpecah di menit-menit akhir. Di 45 detik sebelum babak kedua berakhir Kalsel bisa mencetak gol,” kata Affri.

Pada laga selanjutnya yang digelar hari ini (17/12), Banten akan meladeni Bangka Belitung. Sejauh ini, kata Affri, dirinya telah mengetahui kekuatan dari calon lawannya itu setelah memantau pertandingan Babel kontra Lampung. Saat itu, Babel berhasil membukukan kemenangan dengan skor 3-2.

“Evaluasi kita, kita agak kesulitan untuk merotasi pemain karena hanya diberi kuota 12 pemain saja oleh panitia. 2 kiper dan 10 pemain lain. Tentunya nanti lawan Babel kita mengincar menang. Kita sudah tau apa saja untuk antisipasi Babel,” beber Affri.

Untuk diketahui, Banten di Babak Kualifikasi PON XX/2020 Papua Cabor Futsal tergabung di Grup C bersama Babel, Lampung dan Kalsel. Nantinya ada satu tim dari masing-masing grup yang lolos ke putaran final PON 2020 di Papua September mendatang. Adapun dua tim lainnya yakni tuan rumah Papua dan juara futsal PON 2016, Jawa Barat otomatis lolos ke PON Papua 2020.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten, Edy Irianto optimis pada laga selanjutnya kontra Babel nanti. Pria yang juga menjabat sebagai Bendahara KONI Kota Serang ini berpesan, agar seluruh pemain tetap fokus pada pertandingan di Pra PON.

“Ujian kita tersisa dua. Bangka Belitung dan Lampung. Mudah-mudahan bisa dilewati dengan hasil yang menggembirakan,” pungkasnya. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here