Home OLAHRAGA Festival Olahraga Tradisional 2019, SMA Darusalam Raih Juara Umum

Festival Olahraga Tradisional 2019, SMA Darusalam Raih Juara Umum

0
SHARE
BIBIT ATLET: Para pemenang kategori SD dan SMP berfoto bersama usai meraih juara pada Festival Olahraga Tradisional 2019 yang digelar Formi Kabupaten Tangerang di Lapangan Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug, kemarin. (18/12). FOTO: Formi Kabupaten Tangerang

SEBANYAK 1.640 pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Tangerang berlaga pada Festival Olahraga Tradisional yang dilaksanakan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Tangerang, Rabu (18/12). Pada lomba yang berlangsung di Kitri Bakti, Curug, Kabupaten Tangerang, SMA Darussalam Sindang Jaya sukses meraih gelar juara umum.

Sebanyak 5 cabor yang dipertandingkan pada kejuaraan kali ini. Diantaranya Egrang, Terompah Panjang, Hadang, Dagongan, Lari Balok, dan Tarik Tambang. Lima cabor tersebut hanya berlaku pada tingkat SLTA dan SLTP. Sementara, untuk tingkat SD hanya dipertandingkan 3 nomor yakni Lari Balok, Egrang, dan Terompah Panjang.

Pada sembutannya Ketua Formi Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi menyatakan ajang kali ini selain merupakan agenda rutin Formi setiap tahun, kegiatan ini juga diharapkan bisa mengalihkan anak-anak dan pelajar era milenial dari kegiatan negatif. Dengan kegiatan ini peserta diharapkan bisa mendapat manfaat seperti semboyan Formi yaitu sehat, bugar, gembira dan luar biasa.

“Kegiatan ini saya harap bisa menjauhkan anak-anak, remaja dan pelajar kita dari prilaku negatif yang banyak terjadi di era milenial ini. Dengan olahraga tradisional, kami berharap anak-anak dan remaja bisa aktif melakukan olahraga dan menjauhkan mereka dari kegandrungan akan game online,” harap Dedi.

Sedankan Ketua Panitia Pelaksana Festival Olahraga Tradisional Antar Pelajar tahun 2019, Yahya Majid menambahkan kegiatan merupakan rangkaian pembinaan Formi Kabupaten Tangerang dengan tujuan meningkatkan prestasi di level nasional. “Formi Kabupaten Tangerang tahun ini mewakili Banten di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) 2019. Dan hasilnya kita menjadi juara umum. Untuk prestasi yang membanggakan tersebut tentunya kedepan perlu ada regenerasi dan kita mencoba untuk kembali menjaring atlet terbaik untuk Kabupaten Tangerang,” kata Yahya.

Pada festival yang dihadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang Surya Wijaya, Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang H. Komarudin, SMA Darussalam berhasil keluar sebagai juara umum setelah menggondol 6 medali emas dan 2 medali perak.

Medali tersebut diraih pada cabor Terompah Panjang, Egrang dan Dagongan putra dan putri. Dua medali perak diraih pada cabor Terompah Panjang Putri dan Tarik Tambang Putra.

Yahya Majid yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Formi Kabupaten Tangerang mengatakan juara umum dari ajang ini akan mewakili Kabupaten Tangerang di Festival Olahraga Tradisional Banten 2020 mendatang. Untuk itu dia berharap SMA Darussalam dapat melakukan persiapan jauh-jauh hari.

Untuk menyemangati para atlet yang bertandingan di festival tersebut juga dimeriahkan dengan Doorprize yang dibagikan kepada peserta. Isinya berbagai macam, mulai dari peralatan belajar hingga sepeda. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here