Home OLAHRAGA Pra PON Cabor Futsal: Dramatis, Banten Boyong Tiket PON

Pra PON Cabor Futsal: Dramatis, Banten Boyong Tiket PON

0
SHARE
PERDANA: Tim Fustal Banten sukses lolos ke PON XX/2020 usai menjadi juara grup C Pra PON yang digelar di GOR ITB II, Jatinangor. FOTO: FFD Banten

NILAI sempurna dicatat tim futsal Banten yang berlaga pada ajang Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) atau Pra PON usai meraih kemenangan dramatis atas Lampung 4-3. Hasil ini membuat skuat besutan Affri Afdalah memimpin klasemen akhir Grup C dengan nilai 9 hasil dari tiga kali kemenangan pada pertandingan di GOR ITB II, Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (18/12).

Posisi ini otomatis mengantar tim futsal Banten lolos ke PON XX/2020 di Papua baik sesuai aturan Pra PON Futsal maupun juga ketentuan dari KONI Banten. Dimana KONI Banten mengisyaratkan cabor harus meraih posisi juara grup jika kualifikasi PON menggunakan pembagian grup.

Pada laga yang berlangsung sengit, Banten unggul lebih dulu pada menit 5 lewat gol yang dicetak oleh Aldi Wanjaya. Sayang, kenggulan Banten tak bertahan lama. Dalam waktu 2 menit, Lampung membalikkan keadaan menjadi 3-1. Tiga gol dicetak M Akbar Dwi di menit 6, Gilang Tangguh pada menit 7 dan Dian Riko saat laga babak pertama berjalan 8 menit.

Tertinggal dua gol tak membuat Banten patah arang. Mereka terus melancarkan serangan. Hasilnya, pada menit 13 Rizky Nur Wahyullah mencetak mencetak gol yang menumbuhkan harapan bagi Banten. Satu menit jelang turun minum, Banten berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang diciptakan oleh Fajir Muhammad Marshush.

Banten mulai bernafas lega. Pasalnya, mereka hanya membutuhkan hasil imbang pada laga ini. Sementara, kemenangan menjadi harga mati bagi Lampung lantaran, kalah selisih gol dengan Banten.

Di babak kedua, Banten dan Lampung jual beli serangan. Hingga pada akhirnya, satu menit jelang peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Banten berhasil membalikkan keadaan. Rizky Nur Wahyullah menjadi pahlawan kemenangan Banten dengan golnya.

Pelatih Tim Futsal Pra PON Banten, Affri Afdalah mengatakan secara komposisi pemain Lampung lebih diunggulkan karena dihuni oleh 5 pemain profesional. Sementara, Banten tak ada.

“Yang perlu diantisipasi adalah intensitas permainan yang sangat tinggi. Atmosfer intesitas tinggi ini, jadi tadi sempat down. Kita sempat tertinggal 3-1 sampai akhirnya berbalik unggul 3-4,” ujarnya.

Sepanjang pertandingan diungkapkan Affri yang telah menangani tim futsal Banten sejak Pra PON XIX/2016 Banten mampu menjalankan instruksi dengan baik. Sejatinya, kata Affri, Lampung berpeluang memenangkan pertandingan.

“Saya intruksikan kepada mereka siapa yang lengah maka dia akan kalah. Saya buat mereka agar tidak memikirkan apa yang harus mereka lakukan tapi adalah konsentrasi di lapangan,” kata dia. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here