Home TANGERANG HUB Jelang Tahun Baru, 200 Ribu WNI ke Luar Negeri

Jelang Tahun Baru, 200 Ribu WNI ke Luar Negeri

0
SHARE
Jelang tahun baru, ratusan ribu warga Indonesia bepergian ke luar negeri melalui bandara Soekarno-Hatta.

KOTA TANGERANG-Akhir tahun, banyak warga Indonesia yang pergi ke luar negeri. Sebagian besar untuk berwisata. Dalam catatan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, pada periode 1 sampai21 Desember, sebanyak 218.365 Warga Negara Indonesia (WNI) pergi ke luar negeri melalui bandara Soekarno-Hatta. Jumlah ini, meningkat 3 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama. Tiga negara yang paling banyak dikunjungi, Singapura, Saudi Arabia dan Jepang. Sementara warga negera asing (WNA) yang datang ke Indonesia tercatat 120.075 orang. Kunjungan warga asing ke Indonesia menurun.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta mencatat sejak Januari sampai Desember sebanyak 2.616.082 WNA datang ke Indonesia. Sementara pada 2018 tercatat sebanyak 2.943.336 WNA yang berkunjung ke Indonesia.

“Sedangkan WNI yang pergi ke luar negeri dari Januari hingga Desember sebanyak 4.877.883 orang. Angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni, 4.838.216 orang,” kata

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Saffar Muhammad Godam.

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Saffar Muhammad Godam mengatakan, untuk WNA yang datang ke Indonesia tahun ini menurun kurang lebih tiga persen. “Untuk WNI yang bepergian ke luar negeri meningkat kurang lebih tiga persen,” ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres, Kamis (26/12).

Saffar menjelaskan, penurunan angka kunjungan WNA ke Indonesia karena tidak ada perhelatan internasional seperti pada 2018 silam. Akan tetapi, agenda yang ada beberapa negara menjadi target WNI untuk mendatanginya.

“Penurunan kunjungan WNA ke Indonesia mungkin karena minim event internasional seperti Asian Games, Paragames dan IMF di tahun 2018. Sehingga terjadi penurunan, namun tidak signifikan,”ungkapnya.

Saffar menambahkan, adapun WNA yang datang berkunjung ke Indonesia tahun ini didominasi oleh WNA China, Malaysia, Jepang, Singapura dan Korea Selatan. Kebanyakan dari mereka ada yang liburan atau juga berbisnis di Indonesia.

“Untuk tujuan WNI yang bepergian ke luar negeri tujuannya ke Singapura, Saudi Arabia dan ke Jepang. Dan itu terlihat dari banyaknya permintaan pembuatan paspor di kantor kami. Dari permintaan tersebut banyak WNI yang ke luar negeri menjelang tahun baru,”paparnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here