Home BANTEN Polairud Polda Banten Patroli Pesisir Pantai

Polairud Polda Banten Patroli Pesisir Pantai

0
SHARE
PATROLI: Anggota dan Dit Polairud Polda Banten tengah melakukan Patroli di laut Pantai Anyer Kabupaten Serang, Minggu (29/12). FOTO: Ahmad Fikram Adidikata/Banten Ekspres

SERANG-Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Dit Polairud) Polda Banten laksanakan patroli di laut dan pesisir pantai Anyer Kabupaten Serang.

Patroli tersebut merupakan bagian dari operasi pengamanan natal dan tahun baru (Nataru) yang sudah dilakukan sejak 21 Desember 2019 dan akan berakhir hingga 3 Januari 2020.

Kepala Seksi (Kasi) Patroli dan Pengawalan (Patwal) Dit Polairud Polda Banten, Kompol Lis Handaya mengatakan patroli tersebut dilakukan secara gabungan dari darat dan di laut. Untuk wilayah pantai dan pesisir pihaknya menurunkan sebanyak 49 personil dan untuk di laut sebanyak 12 personil yang terbagi menjadi tiga kapal Rid 002, Rid 1007 dan Rid 2010. “Tujuan kami dalam melaksanakan pengamanan (Pam) untuk menjaga keselamatan dan menjaga stabilitas serta penegakan hukum dan dapat memberikan rasa nyaman kepada pengunjung khususnya di area pesisir pantai Anyer,” katanya.

Pihaknya melakukan patroli terbagi menjadi tiga waktu yakni pagi, siang dan sore. Dalam pelaksanaannya pihaknya melakukan kolaborasi dengan tiga kapal dalam satu pergerakan.

“Kapal kecil untuk manuvering dan kapal besar untuk evakuasi,” katanya.

Selain itu pihaknya juga melakukan kerjasama dengan pos terpadu yaitu Tim Search And Rescue (SAR), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawisata), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Lifeguard, dan pihaknya juga mendapat bantuan dari Kepolisian Sektor yang berada di sekitar wilayah pantai. “Alhamdulillah hingga saat ini tidak ada masalah yang berarti dan kami memprioritaskan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mengatur jarak renang yang diperbolehkan oleh pengunjung,” katanya.

Lanjutnya, ia berharap dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh pihaknya dapat memberikan yang terbaik untuk Polda Banten dan masyarakat Banten. “Masyarakat dapat lebih dekat lagi dengan kami,” katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata mengatakan pelaksanaan patroli disepanjang pesisir pantai Anyer dengan menggerakan personil dan dua armada Kapal dengan tujuan untuk memastikan masyarakat dapat berlibur dan berenang dengan posisi yang aman dan nyaman.

“Selain itu sudah menjadi tugas kepolisian untuk mengedukasi dan memberikan himbau kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitas keseharian,” katanya.

Lanjutnya, ia mengucapkan terimakasih kepada Basarnas, BPBD dan para pengelola tempat hiburan untuk terus melakukan pengawasan serta melakukan pengendalian dalam pengaman dan memberikan rasa aman. “Semoga dalam perayaan tahun baru nanti tetap dalam keadaan aman, kondusif serta mampu kita jaga kamtibnas-nya,” katanya. (mg-06/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here