Home PENDIDIKAN Belum Lulus, Siswa SMK Mandiri 02 Balaraja Diterima Kerja

Belum Lulus, Siswa SMK Mandiri 02 Balaraja Diterima Kerja

0
SHARE
SILATURAHMI: Orangtua siswa SMK Mandiri 02 Balaraja, Kabupaten Tangerang bersilaturahmi dengan pihak sekolah dan juga PT. Indonesia Nippon Seiki, belum lama ini. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

BALARAJA – Kendati belum lulus kelas XII, sebagian besar siswa SMK Mandiri 02 Balaraja, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang sudah dinyatakan diterima kerja. Bagaimana bisa? Salah satu keunggulan mereka, ternyata memiliki kelas binaan yang digulirkan setiap Sabtu.

Pada kelas binaan, saat kegiatan pembelajaran siswa langsung dibimbing oleh tutor langsung dari berbagai perusahaan. Sehingga mereka diajarkan bagaimana dunia usaha dan dunia industri.

Selain itu, SMK Mandiri 02 Balaraja yang memiliki program Bursa Kerja Khusus (BKK). Pihak BKK SMK Mandiri 02 Balaraja, langsung menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama. Baik yang terdapat di kawasan industri Tangerang, Serang maupun Cikarang. Perusahaan itu melirik lulusan SMK Mandiri 02 Balaraja memiliki keterampilan dan dianggap bisa langsung bekerja.

“Baik itu kelas binaan maupun BKK mampu menyerap lulusan SMK Mandiri 02 Balaraja siap kerja. Karena kebutuhan perusahaan sudah bisa kita penuhi melalui,” tegas Damayanti, Ketua BKK SMK Mandiri 02 Balaraja, saat silaturahmi 50 orangtua murid Program Kelas Binaan yang diterima di PT. Indonesia Nippon Seiki, belum lama ini.

Damayanti mengatakan, proses rekruitmen tersebut merupakan hasil kerjasama SMK dengan berbagai perusahaan PT. Indonesia Nippon Seiki yang kemudian melakukan kegiatan jemput bola menggelar seleksi langsung di sekolah.

“Perusahaan yang melakukan seleksi langsung di sekolah. Melalui cara ini, anak-anak kelas XII yang tak lama lagi akan mengikuti ujian nanti setelah lulus sudah langsung dapat pekerjaan,” ujar Damayanti, didampingi Wakil Manajer PT. Indonesia Nippon Seiki, serta HRD PT. Indonesia Nippon Seiki, Anita Sawaludin.

Salah satu keuntungan sekolah di SMK Mandiri 02 Balaraja siswa diajarkan keterampilan-keterampilan khusus sesuai bidangnya, ditambah kemampuan umum lain seperti bahasa dan komputer. Oleh karenanya, setelah lulus sudah siap memasuki dunia kerja.

“Di saat siswa dari sekolah lain setelah lulus kesulitan mencari pekerjaan. Namun di sekolah kami, siswa sebelum lulus ujian nasional dinyatakan diterima kerja di perusahaan elit,” tegas Damayanti.

Sementara itu, salah satu orangtua siswa kelas XII, SMK Mandiri 02 Balaraja, Asep Tarmiji, mengaku berterimakasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi anaknya bisa diterima di PT. Indonesia Nippon Seiki.

Asep sama sekali tidak menyangka anaknya sudah diterima di perusahaan ternama, mengingat anaknya belum mengikuti ujian nasional. Asep merasa senang adanya proses seleksi kerja di BKK SMK Mandiri 02 Balaraja, sehingga anaknya tidak perlu sampai ke luar kota untuk mengikuti seleksi kerja.

“Saya merasa berterimakasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi anak saya diterima bekerja. Program pendidikan di SMK Mandiri 02 Balaraja begitu bagus,” tegas Asep. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here