Home TANGERANG HUB Warga Mulai Terserang Penyakit

Warga Mulai Terserang Penyakit

0
SHARE
CEK KESEHATAN: Tim Kesehatan Polres Metro Tangerang Kota mendatangi warga Karawaci untuk mengecek kesehatan warga. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Untuk memastikan kesehatan warga pascabanjir, Polres Metro Tangerang Kota menurunkan Unit Kesehatan (Unkes) melakukan pengecekan kesehatan di Perumahan Pondok Arum, Kecamatan Karawaci.

Ada 78 orang yang diberikan obat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita pasca banjir. Tidak hanya di Pondok Arum, rencananya tim Unkes Polres Metro Tangerang Kota juga akan terus berkeliling ke semua wilayah terkena banjir.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Harianto mengatakan, tim Unkes diturunkan hasil pengecekan langsung di beberapa wilayah banjir. Pasca Banjir ini, masyarakat membutuhkan tim medis untuk melakukan pengecekan kesehatan mereka.

“Sejak banjir di Kota Tangerang, pasukan saya sudah turun di lokasi banjir. Membantu warga evakuasi serta melakukan pengamanan wilayah agar rumah warga yang ditinggal tidak dicuri oleh oknum. Saat ini kami menurunkan tim kesehatan, untuk mengetahui mana saja masyarakat yang terkena penyakit serius pasca banjir,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Polres Metro Tangerang Kota, Senin (6/1).

Sugeng menambahkan, dari hasil pengecekan di Perumahan Pondok Arum ada beberapa warga yang terkena penyakit seperti Ispa, Tine Pedis, Faringitis, dan beberapa penyakit lainnya pasca banjir dan hujan beberapa waktu lalu.

“Dari data di lapangan, ada sekitar 78 orang yang dilakukan pemeriksaan. Diantaranya anak-anak 25 orang, laki-laki dewasa 23 orang dan perempuan 30 orang, jumlah tersebut dilakukan pemeriksaan dan diberikan obat-obat. Jika ada penyakit yang memang tidak bisa ditangani, akan langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan,”paparnya.

Selain menurunkan tim kesehatan, Kata Sugeng, pasukanya juga melakukan bersih-bersih rumah ibadah seperti masjid dan musola yang ada diwilayah utara Tangerang. Disana juga terkena dampak banjir pada saat banjir kemarin, bahkan sama seperti di Kota Tangerang ketinggian air mencapai 2 meter lebih.

“Untuk pasukan yang diterjunkan bersih-bersih tidak hanya di Kota Tangerang saja, di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota yang ada di Kabupaten Tangerang juga menjadi fokus kita untuk membantu masyarakat. Jadi, dengan turunnya pasukan dari kepolisian bisa meringankan masyarakat bersih-bersih pasca banjir,”ungkapnya.

Ketika ditanya kodisi kemanan pasca banjir, Sugeng menjelaskan, sampai saat ini kondisi kemanan masih kondusif karena semua pasukan masih ditugaskan untuk berjaga diposko banjir dan juga patroli wilayah pada malam hari.

“Sampai saat ini dari awal banjir, saya belum mendapatkan laporan kejadian. Semua anggota saya pantau dan saya perintahkan untuk ketat dalam penjagaan, agar rumah warga yang masih ditinggal mengungsi tetap aman,”pungkasnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here