Home TANGERANG HUB 2020, Tambah 3.000 PJU Baru, Semua Bakal Pakai LED

2020, Tambah 3.000 PJU Baru, Semua Bakal Pakai LED

185
0
SHARE

CIPUTAT-Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Tangsel tahun ini menargetkan akan memasang penerangan jalan umum (PJU) di 177 lokasi. Dari jumlah lokasi itu, ada sekitar 3.000 PJU baru yang akan dipasang. Besarnya jumlah PJU tersebut, sesuai dengan permintaan masyarakat saat Musrenbang tahun lalu.

Kepala Bidang PJU pada Perkimta Kota Tangsel, Saleh Musa mengatakan, PJU akan dipasang di 7 kecamatan, hingga masuk ke jalan lingkungan. “Tahun ini kita targetkan akan pasang 3.000 lampu, dan ini merupakan hasil usulan dari Musrenbang,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (14/1).

Musa menambahkan, pemasangan dilakukan di 7 kecamatan dan fokus pada jalan lingkungan, jalan arteri, kolektor dan jalan lokal. Pemasangan 3.000 lampu tersebut akan dilakukan dalam dua cara, yakni bila sudah ada tiang listrik maka tinggal tambah stang ornamennya.

Namun, bila tidak ada tiang listrik maka akan dipasang tiang PJU bahan galvanis, kemudian ditambah stang ornamen lampunya. Lampu yang dipasang adalah jenis LED dengan ukuran 120 watt. Lampu jenis ini ukurannya lebih kecil dibanding model lama (son) yang ukurannya 250 watt.

“Dengan memasang lampu LED tentunya biaya yang harus kita keluarkan tiap bulan jadi lebih kecil. Rata-rata kita tiap bulan mengeluarkan sekitar Rp2,8 miliar untuk membayar listrik khusus PJU,” tambahnya.

Masih menurutnya, pada 2019 Perkimta telah memasang lampu di 234 lokasi dengan jumlah titik lampu mencapai 4.990. Penyebaran pemasangannya yakni di Ciputat 30 lokasi, Ciputat Timur 25 lokasi, Pamulang 40, Pondok Aren 56, Serpong 31, Serpong Utara 32 dan Setu 29 lokasi.

Satu lokasi jumlah lampu yang dipasang berbeda-beda dan tergantung panjang jalannya.
Sedangkan sejak 2010 sampai sekarang Perkimta telah memasang JPU sebanyak 27.000 titik lampu. Jumlah tersebut diluar lampu yang dipasang saat jaman Kabupaten Tangerang dengan jumlah sekitar 17.830 titik lampu.

“Berdasarkan RPJMD 2016-2021 tiap tahun kita menambah 2000 titik lampu di Kota Tangsel,” jelasnya.

Saleh Musa menuturkan, selain memasang Perkimta juga melakukan perawatan rutin lampu PJU. Salah satunya dengan mengadakan jam piket petugas dan untuk menjaga performa lampu tetap berfungsi, Perkimta telah lama memiliki layanan pelaporan masalah PJU, yakni dengan membuat website dengan alamat www.simpelpjutangsel.com.

“Masyarakat bisa lapor melalui website ini dengan mencantumkan lengkap permasalahan dan alamat jelasnya,” tuturnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here