Home TANGERANG HUB Urus Tanah Minta Dipermudah

Urus Tanah Minta Dipermudah

0
SHARE
LAUNCHING: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional Sofyan Djalil meresmikan loket online di Kantor BPN Kota Tangerang, Kamis (16/1). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG- Walikota Arief Wismansyah menghadiri Launching Loket Online Kantor Pertanahan Kota Tangerang di Perintis Kemerdekaan, Kamis (16/1). Loket online diresmikan dan ditinjau langsung Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Arief mengatakan, loket online diharapkan bisa mendorong dan memudahkan masyarakat dalam mengurus pemberkasan sertifikat tanah.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terimakasih, karena instruksi Pak Menteri ATR/BPN ditindaklanjuti oleh Kepala BPN bahkan ini menjadi percontohan untuk nasional dan kita siap mensupport dan tentunya masyarakat Kota Tangerang akan terlayani lebih mudah,” papar Walikota.

Untuk mendorong masyarakat mendaftarkan tanahnya, Walikota mengatakan siap memfasilitasi BPN kaitan data sehingga pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang bisa lebih optimal dan maksimal.

“Mudah-mudahan kita bisa terus bekerjasama, karena tadi datanya sebagian ada dari Kantor Bappenda kita,” tambahnya.

Apalagi di era transparansi saat ini, menurut Arief, terobosan termudah untuk mendorong penyelesaian PTSL adalah dengan menggunakan sistem berbasis online.

“Jadi masyarakat bisa gunakan fasilitas aplikasi online yang dimiliki oleh BPN. Sehingga masyarakat juga bisa mantau prosesnya sampai dimana dan kendalanya apa, supaya tidak timbul kerancuan dan keraguan, nanti detailnya masyarakat bisa tanyakan pihak BPN,” tukas Arief.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyebutkan, Kantor Pertanahan Kota Tangerang menjadi cerminan atau contoh pelayanan yang diharapkan untuk masyarakat. “Ini menjadi model bagi seluruh Kantor BPN di Indonesia, karena memang sasaran kita adalah tingkat pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik,” ucap Sofyan.

Dengan adanya loket dan aplikasi online yang dimiliki BPN, Sofyan berharap di tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia telah terdaftar sehingga tidak akan ada lagi sengketa.

“Kita berharap ini bisa tercapai, dan berkurang juga antiran di Kantor BPN sampai 40 persen, kemudian di tahun 2024 seluruh Kantor BPN di Indonesia sudah berbasis elektronik,” jelasnya.

Kantor Pertanahan Kota Tangerang saat ini telah dilengkapi loket pelayanan mulai dari loket khusus/prioritas, loket dengan kuasa dan tanpa kuasa, serta loket online dan customer service yang nyaman bagi masyarakat. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here