Home BANTEN KPU Tepis Isu PPK Titipan

KPU Tepis Isu PPK Titipan

0
SHARE
MENGECEK: Staf KPU Kabupaten Serang sedang melakukan pengecekan formulir pendaftaran calon PPK di kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (20/1). FOTO: Ahmad Fikram Adidikata/Banten Ekspres

SERANG-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menepis isu-isu yang menyatakan pihaknya dalam melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) banyak titipan.

Karena kata dia, dalam perekrutan PPK ada mekanisme yang harus diikuti oleh para calon PPK yaitu tes tertulis, tes wawancara dan tes administrasi. “Kami akan melihat secara profesional melalui tes tersebut,” katanya saat ditemui wartawan di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (20/1).

Lanjutnya, jika ada yang mau menitipkan ia mempersilahkan dengan persyaratan harus lulus tes dahulu serta mampu melaksanakan tugas dengan baik jika hal tersebut terpenuhi maka pihaknya tidak akan menolak.

“Tesnya bagus, wawancaranya bagus masa kita tolak, oleh karena itu kita harus profesional sajalah,” katanya.

Ia juga mengatakan untuk saat ini belum ada yang menitipkan kepadanya hanya saja ada yang berkomunikasi meminta izin untuk mendaftar sebagai calon PPK. Kata dia, semua masyarakat Serang berhak untuk mengikuti tes PPK.

“Tentunya harus mengikuti mekanisme yang ada,” katanya.

Ia juga mengatakan, sudah membuat surat kepada seluruh pengurus partai untuk meminta struktur partai hingga ke struktur anak cabang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya pendaftar yang berasal dari anggota partai. Pihaknya juga melakukan komunikasi dengan Badan Pengawasn Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Panwaslu Kecamatan (Panwascam). “Sampai saat ini saya belum menemukan,” katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi mengatakan ketika ada rekrutmen PPK Bawaslu sudah melakukan pengawasan sesuai dengan ketentuan dan pihaknya berharap kepada KPU ketika melaksanakan rekrutmen patuh terhadap peraturan yang sudah ada. “Selama KPU melaksanakan tugas sesuai dengan kemenangan kita Its Ok (tidak apa-apa),” katanya.

Lanjutnya, jika ada calon PPK yang terlibat dalam kepengurusan partai pihaknya akan merekomendasikan kepada KPU untuk tidak meluluskan peserta tersebut.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Serang, Maryam mengatakan pada hari pertama pendaftaran sebanyak 29 pendaftar yang terdiri dari 28 pria dan perempuan satu. “Untuk hari ini hingga pukul 11.30 WIB sudah ada pendaftara sebanyak 17 pria dan satu perempuan. Kami akan melakukan perekapan nanti setelah pukul 16.00 WIB,” katanya. (mg-6/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here