Home OLAHRAGA Jelang MotoGP 2020, Belajar dari Quartararo

Jelang MotoGP 2020, Belajar dari Quartararo

0
SHARE
TARGET PODIUM: Pebalap Franco Morbidelli harus banyak belajar dari Fabio Quartararo untuk memperbaiki prestasi di musim 2020. FOTO: MGP

KEHADIRAN Fabio Quartararo di MotoGP 2019 tidak hanya memukau para penonton, tetapi juga rekan setimnya di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. Pria berkebangsaan Italia itu bahkan tidak malu untuk mengakui sudah belajar banyak dari rekannya tersebut.

Quartararo sukses menggondol gelar pendatang baru terbaik pada akhir musim 2019. Pebalap berpaspor Prancis itu mengoleksi 192 poin dengan tujuh kali naik podium. Hasil tersebut cukup kontras dibandingkan Franco Morbidelli yang hanya mendulang 115 poin dan tidak pernah finis di podium.

Pebalap berusia 25 tahun itu mengaku belajar banyak dari Quartararo dalam hal memaksimalkan motor Yamaha YZR M-1. Menurutnya, pembelajaran juga dilakukan oleh duet tim pabrikan, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, lewat data yang dikumpulkan dari motor Fabio Quartararo.

“Saya punya kesempatan untuk meneliti dan belajar dari data itu yang mampu membuat saya tampil lebih baik. Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga belajar dari data yang dihasilkan Fabio Quartararo,” ujar Franco Morbidelli, melansir dari PaddockGP, Senin (27/1/2020).

“Quartararo adalah pebalap yang kencang dengan talenta alami yang hebat. Itu yang membantunya mencatat hasil impresif saat latihan dan juga kualifikasi,” imbuh pembalap bernomor motor 21 tersebut.

Kualitas dan talenta Fabio Quartararo tentu akan semakin mengerikan pada MotoGP 2020. Sebab, Yamaha sudah berjanji memberikan motor YZR M-1 edisi terbaru yang spesifikasinya setara dengan kuda besi milik tim pabrikan. Bukan tidak mungkin, fenomena El Diablo akan mewarnai MotoGP musim depan.

Sementara itu Quartararo, optimistis bahwa dia akan mampu meraih lebih banyak lagi podium pada MotoGP 2020. Menjelang musim keduanya, Quartararo mengaku sangat optimis bisa menorehkan lebih banyak podium lagi di MotoGP 2020.

“Saya yakin, saya akan mencoba meraih lebih banyak lagi podium daripada musim lalu,” kata Fabio Quartararo seperti dilansir dari PaddockGP.

Menurutnya, ini bakal menjadi tantangan baru mengingat pada gelaran MotoGP 2019 dia mampu mebukukan total tujuh podium. “Itu akan menjadi sebuah tantangan yang besar lantaran kami mendapat tujuh hasil podium pada musim sebelumnya,” pungkas El Diablo.

Meskipun ia hanya berada di tim satelit, namun rider asal prancis ini bakal dibekali dengan motor Yamaha M1 Spesifikasi terbaru, sama dengan milik Rossi, Maverick Vinales, dan rekan setimnya, Franco Morbidelli. (apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here