Home TANGERANG HUB Kampung Bandara Dongkrak Perekonomian Warga

Kampung Bandara Dongkrak Perekonomian Warga

0
SHARE
WISATA: Kampung Bandara yang ada di Kecamatan Neglasari akan menjadi lokasi kampung wisata untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar, Sabtu (1/2). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Warga RW 07 dan RW 08 Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, membentuk Kampung Bandara. Kampung dibentuk untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar.

Kampung Bandara, memang menjadi fokus Kecamatan Neglasari untuk membangun kampung tematik. Bahkan, Kampung Bandara akan menjadi salah satu kampung wisata yang layak dikunjungi wisatawan saat datang ke Kota Tangerang.

Camat Neglasarai Uabaidillah mengatakan, Kampung Bandara mempunyai arti yang dibuat masyarakat yakni bersih, aman, nyaman, damai dan rapi. Bukan karena dekat dengan Bandara Soetta, melainkan memang mempunyai arti tersendiri untuk dijadikan kampung tematik.

“Dulu Kampung Bandara memang sangat kumuh. Dari situ saya dan teman-teman lurah mencari cara agar masyarakat membangun kampungnya agar terlihat bersih. Dari ide kampung tematik, akhirnya warga situ beramai-ramai secara bersama membangun Kampung Bandara yang nantinya bisa dijadikan lokasi wisata,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (1/2).

Ubed sapaan akarabnya menambahkan, hasil karya yang ada di Kampung Bandara bukan dari Pemerintah Kota Tangerang ataupun Kecamatan Neglasari, melainkan semua hasil usaha masyarakat yang saat ini mulai melakukan bebenah kampungnya agar tidak menjadi kampung yang kumuh.

“Mulai dari mural, asesoris pendukung serta yang lainnya semua murni warga. Kita hanya memberikan masukan dan juga bantuan ketika memang ada kesulitan yang warga lakukan, selebihnya pembangunan dan ide Kampung Bandara adalah dari warga,”paparnya.

Ia menjelaskan, Kampung Bandara ini merupakan binaan PT Angkasa Pura II (Persero). Pengelola Bandara Soekarno-Hatta itu, akan turut berkontribusi dalam pengembangan Kampung Bandara.

“Kami menggandeng sejumlah stakeholder untuk ikut serta membangun lingkungan. Apalagi, Kampung Bandara ini punya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Makanya sayang jika tidak dikembangkan, karena hasil dari itu akan kembali untuk warga dan bukan buat kita,”ungkapnya.

Ketua RW 7 Kelurahan Karang Sari Hadi Prayitno menuturkan, warga mendukung program Kampung Kita yang dicanangkan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah. Semua warga langsung bergerak pasca diberikan arahan dan masukan oleh Kelurahan dan Kecamatan untuk membangun kampung tematik.

“Dulunya kondisi kampung ini kumuh sedang, sekarang ada perubahan. Karena memang antusias warga di sini tinggi untuk mengubah lingkungannya. Kita juga akan bangun jogging track, area parkir, kawasan kuliner dan taman. Semua rencana itu akan dibantu pihak AP II melalui CSR yang akan diberikan untuk kampung Bandara,”pungkasnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here