Home TANGERANG HUB Taman Kota 1 Diresmikan, Dijaga Satpol Diawasi CCTV

Taman Kota 1 Diresmikan, Dijaga Satpol Diawasi CCTV

0
SHARE
FOTO GAYA BEBAS: Walikota Airin Rachmi Diany (dua dari kiri) didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Toto Sudarto (kanan) dan Kepala Dinkop dan UKM Deden Deni (dua dari kanan) foto dengan gaya santai di depan pagar taman kota 1 BSD usai peresmian kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Sabtu (1/2) pagi meresmikan taman kota 1 di kawasan BSD, Kecamatan Serpong. Peresmian tersebut dilakukan setelah Pemkot selesai melakukan revitalisasi sejak Oktober lalu.

Dalam sambutannya, Airin mengatakan, taman kota 1 sudah bisa dinikmati masyarakat setelah selesai dibangun sejak akhir tahun lalu. Untuk keamanan, Pemkot Tangsel akan memasang sejumlah kamera pengawas (CCTV) di taman tersebut.

“Setelah diresmikannya ruang terbuka hijau (RTH) ini masyarakat bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada. Terlebih RTH adalah fasilitas sosial yang sangat dibutuhkan masyarkat,” ujarnya, Sabtu (1/2).

Airin menambahkan, sudah menjadi kewajiban pemkot untuk bisa memenuhi 30 persen RTH untuk seluruh wilayah di Kota Tangsel. Namun, yang terpenting adalah taman kota adalah tempat berinteraksi, bertemu, berkumpul dan melakukan aktivitas sesuai dengan hobinya serta tujuannya masing-masing.
Serta dapat menjadi tempat berolahraga maupun ingin melalukan kegiatan bertemu dan bersilaturahmi.

“Pemerintah paling mudah membangun tapi, paling sulit untuk melakukan pemeliharaan. Maka, saya berharap msyarakat agar bantu pemkot untuk bisa terus menjaga dan memilihara taman kota yang merupakan aset kita semuanya,” pinta Airin.

Ibu dua anak ini berharap kepada semua pihak untuk bekerja sama dalam menjaga dan merawat taman kota. Jangan sampai, kata dia, dalam penggunaannya merugikan kepentingan lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain akan dipasang CCTV, ke depan juga akan ada petugas Satpol PP yang berjaga di kawasan taman kota. Setelah dipasang CCTV, wanita berkerudung ini minta agar masyarakat sama-sama menjaganya. Agar tidak dicuri atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
“Kita pernah pasang CCTV di taman kota 2, bukannya keamanan yang meningkat malah CCTV-nya yang hilang,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Toto Sudarto mengatakan, revitalisasi taman kota 1 dilakukan selama tiga bulan. Setelah revitaliasi diharapkan taman kota 1 bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Masyarakat bisa melakukan aktivitas di taman kota 1, mulai dari olahraga, berkumpul bersama keluarga sambil menghirup udara segar di taman karena banyak pohon,” ujarnya.

Toto menambahkan, saat ini penduduk Tangsel saat ini hampir 1,6 juta jiwa sehingga, taman terbuka hijau sangat dibutuhkan. Revitalisais taman kota 1 bertujuan untuk meningkatkan dan memanfaatkan RTH.

“Meskipun saat ini masih banyak kekurangan, ke depan perkembangannya akan kita tambah lagi. Salah satunya membuat rumah Blandongan untuk tempat membaca buku. Jadi, anak-anak maupun orang dewasa bisa menikamti kesejukan tanan sambil baca buku,” jelasnya.

Mantan Kepala Dukcapil Kota Tangsel ini menuturkan, dengan adanya revitalisasi Taman Kota 1 maka pelaku seni hingga komunitas olahraga di Kota Tangsel mempunyai tempat untuk menyalurkan hobi atau aktivitas mereka.

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, food court atau tempat makan yang tadinya hanya terletak di satu tempat akan disebarkan ke seluruh titik. Dengan demikian, masyarakat tidak lagi kesulitan pada saat kehausan setelah melakukan olah raga.

“Di tengah plaza lebih bagus, ada teaternya. Jadi kalau senam ada yang duduk di kiri kanan. Toilet nya juga diperbaiki. Penggunaan taman kota untuk komunitas akan kita buat jadwal. Supaya lebih terawat,” terangnya.

Masyarakat menyambut baik revitalisasi taman kota 1 yang telah dilakukan Pemkot Tangsel. Seperti yang dikatakan warga Serpong, Revaldo. Menurutnya, taman kota 1 kondisinga saat ini jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Saya berharap, fasilitas terus ditingkatkan, termasuk keamanannya. Jadi masyarakat bisa banyak melakukan aktivitas tanpa was-was,” singkatnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here