Home TANGERANG HUB Bikin Sodetan, Banjir di Pemakaman Surut

Bikin Sodetan, Banjir di Pemakaman Surut

0
SHARE
SODETAN: Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sindang Jaya Rudi Hadi Karsono (ke tiga dari kiri) bikin saluran air untuk tanggulangi banjir di TPU Kampung Kawaron Girang, RT 07/04, Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang, Kabupaten Tangerang, kemarin. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

SINDANG JAYA – Tempat pemakaman umum (TPU) di Kampung Kawaron Girang, RT 07/04, Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang, terendam air, Sabtu (1/2).

Dadi Suarno, Mantan Ketua Badan Permusyawara Desa (BPD) Wanakerta menuturkan, hujan yang mengguyur wilayahnya Jumat malam sampai Sabtu pagi, berakibat sebagian tempat pemakaman umum (TPU) terendam air.

“Banjir di TPU ini, mencapai sedengkul orang dewasa,” kata pria yang akrab disapa Dadi ini, kepada Tangerang Ekspres, di lokasi TPU.

Peristiwa ini kata Dadi, yang pertama terjadi. Ini diakibatkan luapan air dari persawahan di samping lahan pemakaman. Dengan demikian warga melaporkan peristiwa itu kepada pihak pemerintah desa.

Suryana, Kepala Desa Wanakerta mengatakan, setelah mengecek lokasi pemakaman yang banjir. Diketahui tidak terdapat saluran pembuangan air dari lahan persawahan yang meluap, sehingga air naik ke lahan pemakaman.

Solusi sementara ini kata Suryana, pihaknya membuat sodetan ataupun saluran air dari lahan persawahan yang meluapkan air ke lahan TPU, menuju lahan persawahan yang lebih rendah guna menampung air.

“Alhamdulillah Mang Pading sebagai pemilik tanah bersedia tanahnya dibikin sodetan ataupun jalur saluran air, agar air dari lahan yang banjir bisa mengalir lewat tanah miliknya ke lahan persawahan yang lebih rendah,” ucapnya.

Rudi Hadi Karsono, Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sindang Jaya mengatakan, setelah sodetan dibuat, tidak lama air yang merendam TPU surut.

“Kami segera usulkan pembangunan saluran air ke Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang. Kami dari kecamatan tidak punya kewenangan untuk membangun saluran air di jalan ini,”ujarnya, mewakili Camat Sindang Jaya Abudin. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here