Home BANTEN Ribuan Peserta CPNS Ikuti Tes

Ribuan Peserta CPNS Ikuti Tes

0
SHARE
TES CPNS: Panitia memeriksa para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Serang yang akan mengikuti pelaksanaan CAT Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) di Hotel Puri Kayana Serang Jalan K.H. Abdul Hadi, Kota Serang, Senin (3/2). FOTO: Doni Kurniawan/Banten Raya

SERANG-Ribuan peserta tes calon aparatur sipil negara (CASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus administrasi mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) di hotel Puri Kayana.

Tes tersebut dilaksanakan dengan dibagi menjadi lima sesi per hari dan untuk setiap sesinya diikuti oleh peserta sebanyak 278 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Kepegawaian pada BKPSDM Kabupaten Serang Mujiyati Erianis mengatakan pelaksanaan tes tersebut akan berlangsung selama 10 hari terhitung sejak 3-11 Februari 2020, pelaksanaannya per hari akan dilangsungkan sebanyak lima sesi kecuali pada hari Jumat hanya empat sesi.

“Karena untuk hari Jumat ada ibadah Sholat Jumat untuk umat Islam,” katanya.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan tes CASN dari totla 16.736 pendaftar hnaya 13.618 yang memenuhi syarat dan dapat mengikuti ujian dan 13 orang memutuskan untuk tidak mengikuti ujian lebih memilih untuk menggunakan nilai tahun kemarin. “Jadi yang mengikuti tes 13.605 dan hanya 411 orang yang diterima,” katanya.

Lanjutnya, sejak awal pelaksanaan semua tes berjalan lancar akan tetapi kata dia, pada sesi awal ada tujuh peserta yang tidak dapat mengikuti tes dan dinyatakan gugur karena peserta tersebut tidak membawa persyaratan untuk mengikuti tes. “Diawal kita sudah umumkan peserta wajib membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Peserta,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Mochamad Ishak Abdul Rouf mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan sejak awal dengan menyiapkan komputer sebanyak 278 dan tambahan 5 persen komputer cadangan. Adapun penilaian pada tes tersebut yakni Tes Intelekensi Umum (TIU), Tes Kompetensi Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Pada pelaksanaannya peserta harus melakukan registrasi secara manual dengan membawa kartu peserta dan KTP asli selanjutnya peserta menitipkan barang ke panitia karena untuk memasuki ruangan tes peserta hanya boleh membawa KTP dan Kartu Tes, selanjutnya peserta melakukan registrasi online untuk mendapatkan pin yang akan digunakan pada waktu login sebelum menjawab soal.

Kemudian melakukan tanda tangan daftar hadir dan memasuki ruangan tutorial dan disitu ditayangkan video tata cara dari mulai login dan menjawab soal yang ada. Setelah dari ruang tutorial baru memasuki ruang tes dan dilakukan pemeriksaan barang.

“Ketika memasuki ruangan panitia pun tidak boleh masuk, hanya tim Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang boleh masuk sebagai pengawas,” katanya. (mg-6/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here