Home PENDIDIKAN SMK Nurul Amin Mekar Baru, Miliki Prodi Keahlian Tata Busana

SMK Nurul Amin Mekar Baru, Miliki Prodi Keahlian Tata Busana

0
SHARE
MENJAHIT: Siswa SMK Nurul Amin, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang belajar menjahit setelah sebelumnya membuat pola, kemarin. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

MEKAR BARU – SMK Nurul Amin, Kecamatan Mekar Baru, yang merupakan salah satu sekolah berprestasi di Kabupaten Tangerang, kini telah memiliki Program Studi (Prodi) Keahlian Tata Busana.

Kepala SMK Nurul Amin, Amiyati mengatakan, pihaknya menangkap peluang kerja yang saat ini dibutuhkan pasar diberbagai perusahaan-perusahaan, baik yang terdapat di Tangerang maupun di berbagai daerah lainnya.

Kata Amiyati, pendidikan program keahlian tata busana SMK saat ini sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, pihaknya sudah siap menyuplai kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang tata busana.

Menurutnya, untuk Kabupaten Tangerang program studi ini belum banyak dimiliki sekolah-sekolah. Karena itu, pada tahun ajaran baru ini pihaknya sudah menerima siswa baru Program Studi Keahlian Tata Busana. “Untuk daerah Kabupaten Tangerang, SMK swasta maupun negeri baru beberapa yang memiliki Program Studi Keahlian Tata Busana,” katanya.

Amiyati mengatakan, Program Studi Keahlian Tata Busana ini, selain memberikan keterampilan, juga memberikan lulusan yang siap bekerja maupun membuka usaha sendiri.

Karena itu, lanjutnya, untuk menarik minat siswa SMK, pihaknya akan menggelar berbagai even besar, seperti mengadakan perlombaan fashion show dan mengundang perancang busana terkenal, dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

“Even ini juga dalam rangka sosialisasai Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK Nurul Amin ke masyarakat. .

Amiyati menambahkan, kehadiran Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK Nurul Amin ini, salah satu cara untuk meningkatkan skill dan menambah pengalaman siswa SMK, khususnya program keahlian tata busana yaitu dengan melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin).

“Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak kerjasama dengan sejumlah butik dan konfeksi,” imbuhnya.

Amiyati menyebutkan, tujuan utama SMK Nurul Amin dalam program studi tersebut, yaitu mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja handal dengan mengutamakan kemampuan kejuruan jenis tertentu.

“Secara tak langsung progran ini juga turut mendukung program pemerintah dalam dunia pendidikan. Sehingga, angka penggangguran dapat ditekan,” ucap Amiyati.

“Tujuan program keahlian tata busana mempersiapkan peserta didik, agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan, sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya,” tambahnya.

Kemudian, kata Amiyati, program keahlian ini dapat membekali siswa, agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap propesional, dalam bidang keahlian yang diminatinya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here