Home TANGERANG HUB Klinik Muhammadiyah Resmi Beroperasi

Klinik Muhammadiyah Resmi Beroperasi

0
SHARE
TINJAU KLINIK: Sekretaris Umum PP Muhammadiyah H. Abdul Mu'thi (kiri), didampingi kader Muhammadiyah saat meninjau klinik Surya Medika Tangerang 1, kemarin. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

LEGOK — Layanan kesehatan menjadi salah satu konsen organisasi Muhammadiyah. Untuk itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Legok dan Pagedangan Serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tangerang membangun klinik Surya Medika Tangerang 1. Kemarin, klinik tersebut diresmikan, Sabtu (8/2).

Klinik Muhammadiyah berlokasi persis di Jalan Raya Pagedangan, RT 02/03, Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Kabarnya menelan anggaran sekitar Rp500 juta. Anggaran tersebut bersumber dari kader muhammadiyah, warga dan juga kader muhammadiyah.

“Alhamdulillah, apa yang dilakukan Muhammadiyah ini merupakan bentuk pengabdian Muhammadiyah kepada masyarakat di bidang kesehatan. Mulai besok klinik ini sudah bisa melayani masyarakat,” kata H Ansor, Ketua PDM Kabupaten Tangerang.

Klinik Muhammadiyah dilengkapi sumber daya manusia sebanyak delapan orang. Termasuk tiga dokter umum, satu dokter gigi,  tiga orang perawat dan satu orang apoteker. Ketika melihat alat kesehatan (alkes) Klinik Muhammadiyah sudah sangat lengkap. Namun secara bertahap akan dilengkapi laboratorium kesehatan.

Dalam pemberian pelayanan, Direktur Klinik Surya Medika Tangerang 1, Septian Putra Aditya menekankan dua aspek. Yakni sosial dan usaha profesional. Manajemen klinik dipesan agar tidak mengabaikan pelayanan kepada warga kurang mampu, senantiasa mengedepankan kesopanan dan keramahtamahan kepada pasien dan keluarganya, serta menjunjung tinggi kode etik kesehatan.

“Pelayanan harus yang bagus, apalagi Muhammadiyah menginginkan pelayan kita yang bernuansa Islami. Kalau bagus kita berikan pelayanan, itu juga menjadi obat,” tegas Septian.

Lebih lanjut Septian memaparkan, klinik yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan ini, siap melayani pasien umum, pasien gigi, perawatan persalinan, pemeriksaan ibu hamil dan juga pelayanan keluarga berencana.

Sementara itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah H. Abdul Mu’thi, yang meresmikan klinik tersebut, sangat mengapresiasi bentuk amal usaha yang dimiliki PCM dan PDM. Ia meminta, pengabdian Muhammadiyah jangan sampai disini, mengingat masyarakat masih membutuhkan kontribusi Muhammadiyah.

“Saya bangga dengan apa yang sudah dilakukan Muhammadiyah di Kabupaten Tangerang,” terang H. Abdul Mu’thi, yang didampingi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Banten, H. Syamsuddin. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here