Home OLAHRAGA Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020: Putra Juara Grup, Putri Hadapi Thailand

Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020: Putra Juara Grup, Putri Hadapi Thailand

0
SHARE
JUARA GRUP: Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan kemenangan atas Korea Selatan di penyisihan grup A Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020. FOTO: Bio

TIM putra dan putri Indonesia tampil perkasa di babak penyisihan grup pada Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020 dengan mencatat kemenangan atas lawan-lawannya. Tim putra yang berlaga di grup A mampu menang dengan skor 4-1 atas Korea Selatan, dan keluar sebagai juara grup.

Sementara tim putri mampu menang dengan skor telak atas tuan rumah Filipina dengan skor 5-0. Namun kans Indonesia untuk juara grup masih harus ditentukan lewat pertandingan kontra Thailand di laga kedua sore ini (13/2).

Tim putra Indonesia membuka turnamen dengan meraih kemenangan 4-1 atas Korea Selatan kemarin sore ini di Rizal Memorian Coliseum, Rabu (12/2). Tim putra Indonesia unggul 2-0 lebih dulu melalui tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Anthony harus menghadapi laga yang sengit kontra Heo Kwang Hee sebelum menyegel kemenangan setelah bertarung rubber game dengan skor 24-22, 19-21, dan 21-16.

Skor menjadi 2-0 setelah pasangan ganda putra nomor 1 dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih kemenangan kedua Indonesia. Marcus/Kevin menang atas Choi Sulgyu/Kim Won Ho di partai kedua.

Langkah Marcus/Kevin untuk bisa meraih kemenangan tersebut begitu mulus. Mereka bisa memegang kendali permainan saat berhadapan dengan Choi/Kim. Kondisi tersebut berlangsung di set pertama serta kedua. Alhasil, kemenangan pun diraih The Minions-julukan Marcus/Kevin-secara straight set dengan skor akhir 21-14 dan 21-16. Mereka menyelesaikan laga dalam waktu 22 menit.

Sebelum itu di partai ketiga, Indonesia gagal memastikan status juara grup lebih cepat. Sebab, Jonatan Christie tak mampu menambah keunggulan Indonesia karena takluk dari So Wan Ho dengan skor 16-21 dan 25-27.

Indonesia melengkapi kemenangan menjadi 4-1 setelah Shesar Hiren Rhustavito menang atas Dong Hoon Kim lewat laga ketat selama 1 jam lebih. Shesar menang dengan skor akhir 15-21, 21-13, dan 21-14.

Sementara itu tim putri Indonesia menyapu bersih laga pertama fase grup Y. Dimulai dengan kemenangan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung tampil di laga pertama.

Walau menang, Gregoria tidak meraihnya dengan mudah karena kehilangan gim pertama lebih dahulu sebelum menang 19-21, 21-11, 21-9. Partai kedua mempertandingkan ganda putri, Indonesia diwakili oleh pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Kemenangan straight game diperoleh atas Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar 21-18, 21-12, untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Ruselli Hartawan menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Filipina. Tampil di partai ketiga, Ruselli mengalahkan Maria Bianca Yasbel Carlos dengan skor 21-10, 21-18.

Duel singkat dilakoni Siti Fadila Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto saat menumpas Joella Geva De Vera/Chanelle Lunod. Keduanya menang telak 21-7, 21-8 setelah bertarung selama 23 menit saja.

Dominasi Indonesia dilengkapi dengan kemenangan kelima. Tunggal putri Putri Kusuma Wardani berhasil menaklukan Sarah Joy Barredo dengan skor 21-19, 21-14 untuk mengubah keunggulan menjadi 5-0.

Menanggapi sumbangan poinnya buat Indonesia, Putri yang merupakan atlet Banten menyatakan dirinya tampil cukup tegang. Itu lantaran perlawanan Berrardo dinilainya cukup alot. Putri mengaku lega berhasil memberikan kemenangan bagi skuad ‘Merah Putih’.

“Saya merasa lawan tidak mudah dimatikan, walaupun kelihatannya langkahnya berat. Padahal tadi sudah usaha untuk bikin lawan lari-lari, sepertinya dia tidak bisa mengembalikan, tapi ternyata bolanya masih balik ke saya,” katanya. “Dari awal saya diturunkan, saya mau menyumbang angka untuk tim. Tapi jujur di awal, rasa tegang itu ada. Waktu di game pertama yang poinnya ramai tadi, saya berpikir dapat satu demi satu poin dulu, main saja deh, nggak usah mikir menang-kalah dulu.” (apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here