Home TANGERANG HUB Sampah Pisangan Jaya Dibersihkan

Sampah Pisangan Jaya Dibersihkan

0
SHARE
ANGKUT SAMPAH: Operator beko mengangkut sampah ke mobil truk sampah di Kampung Sarakan Bendungan, Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, kemarin. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

SEPAPATAN — Warga keluhkan tumpukan sampah di bantaran Sungai Cirarab, di Kampung Sarakan Bendungan, RT 01/08 dan RT 02/08, Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Menindaklanjuti hal tersebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang bersama Tim Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sepatan bersihkan tumpukan sampah, kemarin.

Dadang Sudrajat, Camat Sepatan mengatakan, Rabu kemarin pihaknya sudah bermusyawarah dengan pengelola lapak sampah. Dari lapak sampah ini yang menjadi persoalan adalah penumpukan sampah yang berlebihan sehingga lingkungan terlihat kumuh.

“Penumpukan ini sudah melanggar. Apalagi ini tempatnya bukan milik pribadi. Ditambah lagi mereka tampungnya sampah dari luar Kabupaten Tangerang,” ungkap pria yang akrab disapa Dadang ini, kepada Tangerang Ekspres.

Ditanya Tangerang Ekspres bagaimana nasib pengelola maupun pekerja di lapak sampah, ia mengatakan, sejatinya mereka tidak bersalah melakukan pengelolaan sampah. Terpenting mereka meminta pembinaan dari DLHK.

“Artinya ada konsep pemilihan, tata cara penanganan limbah. Terpenting juga adalah sampah yang ditampung bukan sampah dari luar Kabupaten Tangerang,” jelasnya. Bahkan lanjut Dadang, nanti mereka harus diedukasi dalam mengelola sampah organik maupun non organik.

Dadang menyebutkan tetap memikirkan nasib warga yang berpenghasilan dari mengelola sampah di lokasi tersebut. Sebab mereka warga asli Desa Pisangan Jaya. “Nanti saya coba urun rembuk juga, apakah bisa mereka mengelola sampah lingkungan di desanya. Dari pada ngambil sampah dari luar. Terpeting tetap dalam pembinaan DLHK,” ucapnya.

Wijan, salah seorang pengelola sampah berharap pemerintah tetap memperhatikan nasib pekerja yang menyortir sampah. Sebab ini adalah mata pencaharian mereka yang tidak memiliki pendidikan dan kemampuan yang mumpuni.

“Kami bersedia apabila menerima pembinaan dari dinas terkait untuk mengelola sampah yang ada di wipayah Desa Pisangan Jaya,” ujarnya. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here