Home OLAHRAGA Timnas Indonesia Masih Andalkan Pemain Senior

Timnas Indonesia Masih Andalkan Pemain Senior

0
SHARE
PERDANA: Pemain timnas senior menjalani latihan perdana bersama pelatih baru asal Korea Selatan Shin Tae-Yong di Stadion Madya, Senayan. FOTO: JPG

PEMAIN senior masih menjadi andalan timnas senior dalam beberapa even yang akan diikuti Indonesia. Hal ini dikemukakan Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, saat menjalani latihan perdana bersama timnas senior di Stadion Madya, Senayan, Jumat (14/2).

Kepastian tersebut diungkap oleh Shin Tae Yong dari sejumlah nama yang dipanggil menjalani seleksi 14-22 Februari 2020. Di luar 34 nama yang dipanggil, Shin Tae Yong menambah dua pemain lain yakni Koko Ari Araya, pemain muda Persebaya Surabaya dan Asep Berlian, gelandang Madura United.

Ia juga memanggil empat pemain muda U-19 untuk ambil bagian seperti; kiper PSMS Medan Adi Satrio, bek PSIS Semarang Alfeandra Dewangga, gelandang PSIS Pratama Arhan, dan Irfan Jauhari yang merupakan striker muda milik Bali United.

“Jujur, kemampuan pemain U-19 ini tidak sehebat timnas senior setelah melihat kemampuan mereka di Chiang Mai (TC timnas). Kehadiran mereka juga untuk mempersiapkan tim jelang Piala Dunia U-20 2021 dan supaya permainan mereka bisa meningkat,” jelas Shin Tae Yong.

Selebihnya pria Korea Selatan tersebut mengungkap target seleksi pemain yang digelarnya. “Jadi seleksi kali ini fokus untuk masa depan sepakbola Indonesia. Meski ada yang postur tubuhnya kecil tapi kemampuannya bagus. Ada juga yang kemampuannya bagus tapi tidak masuk. Jadi ini mau regenerasi,” kata Shin Tae Yong usai memimpin latihan perdananya.

Pemain-pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan kali ini dipilih setelah ia menyaksikan empat pertandingan. Termasuk di Malaysia ketika Timnas Indonesia menghadapi Harimau Malaya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 akhir tahun lalu.

Setelah itu, Shin Tae Yong mengatakan telah berdiskusi dengan staf kepelatihan timnas di sana dalam menentukan pemain. Tapi, ada juga pemain yang dipilihnya langsung setelah ia menyaksikan pertandingan.

Sedang pada latihan perdana Shin Tae Yong hanya memberikan menu latihan ringan menyesuaikan dengan kondisi banyak pemain yang baru bertanding di turnamen Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Dari 34 nama yang dipanggil, baru 30 pemain yang hadir, sedangkan empat lainnya masih absen yakni M. Rafli, Septian David Maulana, Firza Andika, dan Yanto Basna.

Ada pula beberapa pemain yang baru tampil di AFC dan Piala Gubernur Jatim sudah hadir. Di antaranya adalah Ilija Spasojevic, Gavian Kwan, Asnawi Mangkualam, Andritany Ardhiyasha, Sani Rizki, Saddil Ramdani, Rachmat Irianto sampai Osvaldo Haay. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here