Home TANGERANG HUB Jaga Ekosistem Danau, 5.000 Ekor Ikan Ditebar 

Jaga Ekosistem Danau, 5.000 Ekor Ikan Ditebar 

0
SHARE
TEBAR IKAN: DKP Kota Tangerang bersama Kecamatan Cipondoh menebar bibit ikan Lele dan Nila sebanyak 5.000 ekor di Danau Cipondoh, Selasa (18/2). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menebar bibit ikan Nila dan Lele sebanyak 5000 ekor ke Danau Cipondoh. Bibit ikan disebar langsung Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman dan Camat Cipondoh Rizal Ridhollah ditengah danau Cipondoh menggunakan perahu bersama staf DKP dan Kecamatan.

Abduh mengatakan, untuk yang diturunkan di Danau Cipondoh sebanyak 5.000 ekor dengan rincian 3.000 ikan lele dan 2.000 bibit ikan nila. Semuanya ditebar untuk menjaga ekosistem danau dan juga dalam rangka memeriahkan HUT Kota Tangerang.

“Kenapa kita memilih danau Cipondoh, karena ini adalah tempat wisata bagi masyarakat. Ada yang wisata dan juga ada yang memancing. Makanya kita tebar di danau ini, tetapi kami juga sudah mengingatkan kepada warga yang mancing jika dapat yang kecil maka harus dilepaskan kembali,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di lokasi, Selasa (18/2).

Abduh menambahkan, bibit yang disebar hasil pembibitan yang dilakukan DKP mulai dari kecil kita lakukan pembibitan. Jadi pelepasan bibit ikan ini bukan hasil beli dari APBD, melainkan hasil produksi DKP sendiri.

“Bibit ini bisa dimiliki masyarakat. Jika mempunyai kolam dan ingin belajar melakukan pembibitan ikan, kami bisa memberikannya dengan gratis. Datang ke kantor kami dan ajukan berapa banyak yang dibutuhkan, maka akan kami siapkan,”paparnya.

Sementara itu, Camat Cipondoh Rizal Ridhollah mengungkapkan, penyebaran bibit ikan tersebut yang dilakukan DKP sangat bagus bagi ekosistem di dalam danau Cipondoh. Apalagi, ini bisa menjadi hiburan masyarakat yang hobi memancing.

“Tadi (kemarin) saya lihat bibitnya memang masih kecil, tetapi beberapa bulan kedepan bisa sangat besar dan bisa dipancing oleh masyarakat. Artinya danau Cipondoh bisa menjadi tempat wisata yang murah meriah,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, status danau Cipondoh milik Provinsi Banten, jadi tidak bisa dilakukan renovasi ataupun perubahan karena harus izin kepada Provinsi Banten terlebih dahulu. Tetapi, hampir setiap hari masyarakat dari Kota Tangerang maupun luar Tangerang mampir untuk menikmati suasana alam.

“Kantor Kecamatan Cipondoh persis di depan danau Cipondoh, saya hampir setiap hari banyak masyarakat yang mengunjungi danau Cipondoh. Artinya ini potensi wisata di Kecamatan Cipondoh, maka itu kami meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan merawat danau Cipondoh,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here