Home BANTEN Pilkada Kabupaten Serang: Empat Parpol Berkoalisi Lawan Petahana

Pilkada Kabupaten Serang: Empat Parpol Berkoalisi Lawan Petahana

0
SHARE
BENTUK KOALISI: Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Pentamarta, Ketua DPW PAN Banten Masrori, Ketua DPW Berkarya Banten Helldy Agustian, Ketua DPD Hanura Banten Syafiq berpegangan tangan usai meresmikan koalisi di salah satu rumah makan di Baros, Kabupaten Serang, Selasa (18/2). FOTO: Tb Iyus/Banten Ekspres

SERANG-Empat Partai Politik (Parpol) sepakat membangun koalisiuntuk melawan petahana di Pilkada Kabupaten Serang 2020. Keempat parpol tersebut mengusung koalisi perubahan untuk Kabupaten Serang adil dan makmur.

Empat parpol tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura dan Partai Berkarya. Hal tersebut terungkap usai pertemuan empat pimpinan partai di salah satu rumah makan di Baros, Kabupaten Serang, Selasa (18/2). Diketahui, dari empat parpol tersebut sudah cukup untuk mengusung calon Bupati Serang pada pilkada nanti dengan 14 kursi, dengan rincian, PKS lima kursi, PAN empat kursi, Berkarya empat kursi dan Hanura satu kursi.

Ketua DPW PKS Banten, Sanuju Pentamarta mengatakan, menjelang perhelatan pilkada Kabupaten Serang yang akan diselenggarakan pada September 2020 mendatang, PKS bersama PAN, Berkarya dan Hanura menyatakan sepakat berkoalisi.

“Kita bersyukur, bersilaturahmi. Pilkada sebentar lagi, bulan September. Titik pentingnya Juni etika pendaftaran calon dari jalur parpol. Dan kita sebagau parpol kita bertanggungjawab ikuti proses politik. Kita harus hadir tidak tinggal diam agar suasanan demokrasi cerah, meriah dan dinamis,” kata Sanuji usai pertemuan.

Dijelaskan Sanuji, koalisi tersebut diharapkan menghadirkan pimpinan terbaik bagi daerah. Ia juga menegaskan jika koalisi tersebut dibangun untuk melawan petahana.

“Proses masih panjang. Koalisi ini sepakat untuk bersatu membangun kesamaan persepsi, kesamaan arah, kesamaan penilaian. Kita bangun kualitas perubahan untuk Kabupaten Serang yang adil dan makmur,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sanuji mengaku, koalisi tersebut dibangun untuk menghadirkan kompetisi yang sehat. Pihaknya juga tidak menginginkan jika pada pilkada Kabupaten Serang terdapat calon tunggal.

“Maka dari itu kita ingin memunculkan kader-kader terbaik, tokoh-tokoh terbaik untuk diberikan kesempatan tampil berkompetisi. Dan ini kita kan wadahi lewat koalisi,” ujarnya.

Terkait calon yang akan diusung oleh koalisi, Sanuji mengaku, hal tersebut akan dikomunikasikan dengan koalisi lebih lanjut.

“Yang pasti kita akan membentuk tim untuk menyusun visi dan misi. Seperti popularitas dan elektabilitas, lalu jaringannya bagaimana, kemampuannya dalam komunikasi dengan berbagai pihak. Kita ingin betul-betul (cari) pimpinan yang disukai,” katanya.

Informasi yang beredar setidaknya terdapat empat sosok yang masuk bursa calon (balon) Bupati terdapat nama Ketua DPW PAN Banten Masrori dan nama pengusaha Tb Masduki. Lalu untuk posisi wakil terdapat politisi PKS M Najib Hamas dan Nasrul Ulum.

“Nanti kita masih melakukan penjajakan. Dan beberapa teman-teman parpol kan juga melakukan penjaringan. Kita akan menunggu sampai proses yang teman-teman lakukan. Tapi yang pasti hasil hari ini kita akan sampaikan ke DPP (Dewan Pimpinan Pusat) masing-masing,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPW PAN Banten, Masrori mengatakan, pihaknya berharap koalisi ini dapat menjadi besar. Ia mengaku, jika koalisi yang dibentuk merupakan bentuk tanggungjawab politik dari parpol untuk masyarakat Kabupaten Serang.

“Kita mau hadirkan calon pimpinan alternatif. Dan ini proses awal. Hasil ini kita sampaikan ke DPP masing-masing. Semangatnya perubahan. Dan kita mohon doa restu,” kata Masrori.

Saat ditanya apakah koalisi ini akan berlanjut pada tiga Pilkada yaitu di Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangsel, Masrori tidak menampik jika hal tersebut bisa dilakukan. Meski begitu, pihaknya akan fokus pada Kabupaten Serang.

“Untuk saat ini kita fokus ke Kabupaten Serang dulu. Tapi nggak menutup kemungkinan hal itu terjadi. Tapi yang jelas koalisi ini masih terbuka untuk bergabungnya parpol lain. Dan memang ada dua parpol lagi yang akan bergabung,” katanya.

Saat ditanya siapa yang akan diusung koalisi pada Pilkada Kabupaten Serang, Masrori mengaku, hal tersebut masih akan dikomunikasikan lebih lanjut. “Nama (calon yang diusung) belum. Tapi teman-teman sudah tahu lah, nggak perlu disebutkan. Kita tunggu, kita hargai teman-teman dan juga keputusan masing-masing kita tunggu,” ujarnya.

Ketua DPW Berkarya Banten, Helldy Agustian mengatakan, koalisi tersebut dibentuk berdasarkan kesepakatan bersama untuk membangun Kabupaten Serang yang adil dan makmur.

“Kita satukan visi dan misi. Kita siapkan perahunya, tinggal siapa (calon) tergantung popularitas dan elektabilitas,” kata Helldy. (tb/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here