Home OLAHRAGA Pelantikan Pengprov Percasi Banten, Kejar Sejarah Emas PON

Pelantikan Pengprov Percasi Banten, Kejar Sejarah Emas PON

0
SHARE
SEMANGAT EMAS: Pengurus Provinsi Percasi Banten periode 2019-2023 berfoto bersama dengan Waketum I PB Percasi Ichsan Soelistio dan Ketua Umum KONI Banten Hj. Rumiah Kartoredjo usai dilantik, Minggu (23/2) siang. FOTO: Aries Maulansyah/Tangerang Ekspres

PENGURUS Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Banten periode 2019-2023 resmi dilantik, Minggu (23/2) siang di Aula KONI Banten, Kota Serang. Pada kesempatan tersebut organisasi pimpinan Amin Lukman bertekad mengejar sejarah dengan meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua.

“Kami ingin bisa memulai kepengurusan dengan meraih medali emas, kalau kami target meraih 1 medali emas. Tapi kalau dapat lebih Alhamdulillah, kami mengejar 1 medali emas dulu,” tekad Amin usai dilantik.

Seperti diketahui saat ini cabor catur Banten telah meloloskan 1 atlet nomor veteran ke PON di Papua yakni Dany Juswanto. Meski hanya menloloskan Dany namun peluang meraih lebih dari satu medali terbuka lebar. Karena di nomor veteran dipertandingkan tiga kategori yakni catur kilat, catur cepat, catur klasik.

Dany sendiri dikenal di level nasional sebagai pecatur handal di kategori cepat dan klasik. Sehingga untuk bisa meraih satu medali Banten mengandalkan di dua kategori spesialisasi Dany.

Target yang ingin dicapai Pengprov Percasi Banten diamini oleh Hj. Rumiah Kartoredjo Ketua Umum KONI Banten yang menyatakan pihaknya sangat berharap catur bisa meraih lebih dari satu medali emas. Dari informasi yang didapat KONI Banten pecatur Banten ini diharapkan bisa menyumbang dua medali emas.

“Walau pelornya (pecaturnya) hanya satu, tapi kenanya bisa dua emas atau malah tiga. Oleh karena itu saya ingin Pengprov Percasi Banten benar-benar mensiapkan atletnya dengan semaksimal mungkin, mudah-mudahan catur bisa menjadi pendulang medali emas pengganti cabor peraih medali emas PON Jawa Barat yang tidak dipertandingkan di PON Papua,” ujar Rumiah.

Sementara itu pada pelantikan yang dilakukan oleh Wakil Ketua Umum I Pengurus Besar (PB) Percasi Ichsan Soelistio serta dihadiri Sekjen PB Percasi Henry Hendratno, induk organisasi catur Indonesia itu juga meminta Pengprov Percasi Banten lebih giat menggelar pembinaan usia dini dan kompetisi. Karena dari dua kegiatan inilah nantinya akan meningkatkan prestasi atlet catur Banten.

Bahkan Ichsan yang merupakan Anggota DPR RI Dapil Banten menyatakan siap membantu Pengprov jika ingin mengadakan kegiatan pembinaan dan kompetisi catur di Banten. Ichsan fokus pada pembinaan dengan harapan muncul bibit baru pecatur handal dari Banten yang meramaikan prestasi catur Indonesia.

“Pembinaan harus jadi perhatian Pengprov Percasi Banten, karena sangat sulit menghasilkan atlet berprestasi tanpa pembinaan berjenjang dan berkesinambungan,” ujar Ichsan. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here