Home OLAHRAGA Tes MotoGP Qatar: Libas Rins, Quartararo Tercepat

Tes MotoGP Qatar: Libas Rins, Quartararo Tercepat

0
SHARE
LANCAR: Pebalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo kembali membuktikan sebagai kandidat peraih juara dunia MotoGP 2020 selain juara bertahan Marc Marquez usai menjadi yang tercepat di tes MotoGP Qatar. FOTO: MGP

PEBALAP Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menjadi yang tercepat di hari kedua tes MotoGP Qatar, Minggu (23/2) waktu setempat. Pebalap Prancis itu mengalahkan catatan waktu andalan Suzuki, Alex Rins.

Berpacu di Sirkuit Losail, Doha, Senin (24/2) dinihari WIB Quartararo menjadi yang tercepat dengan mencatat waktu 1 menit 54.038 detik. Pebalap 20 tahun itu mengalahkan catatan waktu Rins. Rider Suzuki, yang tercepat di hari pertama, terpaut 0,162 detik. Sementara tempat ketiga ditempati pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli, menempati posisi empat. Peringkat lima ditempati rider Pramac Ducati, Francesco Bagnaia. Rider top berada di luar lima besar. Andrea Dovizioso (Ducati) di peringkat 8, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) di posisi 9, dan juara bertahan dari Repsol Honda, Marc Marquez, di posisi 14. Marquez bahkan sempat crash di Turn 9. Beruntung, pebalap Spanyol itu terhindar dari cedera dalam insiden tersebut.

Aksi Quartararo berbeda di banding hari pertama dimana ia tercecer di urutan kedelapan. Ia kembali ke jalur positifnya pada hari kedua. Namun begitu, Quartararo belum bisa menyatakan kesiapannya untuk memulai balapan jarak jauh yang pada Maret 2020 akan dimulai.

Seperti diketahui, Quartararo menunjukkan kekuatan besarnya selama tes pramusim di Malaysia dan Qatar. Tak ada yang menyangkal jika Quartararo akan menjadi pesaing tangguh untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Akan tetapi, Quartararo merasa masih perlu memahami beberapa hal soal YZR-M1 agar ia bisa tampil semakin kuat. Ia pun berharap pada hari terakhir tes Qatar ia bisa menyatakan kesiapannya dan memulai balapan MotoGP musim ini yang akan dimulai pada 8 Maret 2020.

“Saya belum siap (untuk balapan jarak jauh), tapi kami kuat. Kami masih perlu memahami beberapa hal tentang motor,” ungkap Quartararo, mengutip dari Speedweeek, Senin (24/2).

“Anda harus mempertimbangkannya, kami baru memiliki tiga hari di Sepang dan sekarang sudah dua hari di Doha. Tapi kami ingin bekerja dengan baik lagi besok. Lusa, saya pikir kami akan siap. Tapi saya pasti bisa belajar beberapa hal di motor ini,” pungkasnya.

Terlepas dari masalah pengenalan motor, Quartararo tetap merasa puas setelah tampil cemerlang pada hari kedua. “Saya sangat senang karena pada akhirnya penampilan saya lebih baik daripada kemarin,” ujar Quartararo. “Saya merasa lebih baik dengan motornya dan kami masih mempunyai satu hari lagi, jadi saya berharap dapat berkembang,” imbuhnya.

“Secara keseluruhan, hari ini sangat positif,” ucapnya. (apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here