Home OLAHRAGA Jelang Persita vs PSM Makassar: Suhu Tubuh Penonton Dicek, Panpel Siapkan Schreening...

Jelang Persita vs PSM Makassar: Suhu Tubuh Penonton Dicek, Panpel Siapkan Schreening Thermal

0
SHARE
FOTO: Miladi AHmad/Tangerang Ekspres

TANGERANG-Penundaan laga Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang semula akan digelar, Sabtu (7/3) di Stadion Utama Gelora Bung Karno akibat dampak virus Corona membuat manajemen Persita melakukan antisipasi. Pada pertandingan kandang Persita melawan PSM Makasar, Jumat (6/3) sore disikapi dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap supporter maupun official tim yang menghadiri laga di Stadion Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Ketua Medical Officer Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Persita dr David Setiawan menjelaskan pihaknya turut mengantisipasi virus Corona dengan menyediakan alat pemeriksaan suhu tubuh atau schreening thermal buat penonton yang akan menyaksikan pertandingan. Schreening thermal akan ditempatkan di setiap pintu masuk stadion yang nantinya akan diarahkan ke kepala pengunjung untuk memastikan suhu tubuhnya normal atau tidak.

Jika ditemukan ada kejanggalan dalam suhu tubuh maka pihak medis akan menyerahkan pengunjung tersebut kepada keamanan.

“Pilihannya ada dua. Tetap dimasukkan untuk menonton pertandingan dengan memakai masker dan duduk di bangku khusus atau dipulangkan,” beber David. David mengimbau agar para pendukung tim yang hendak menyaksikan pertandingan menjaga kesehatan. Apabila terindikasi mengalami flu dengan gejala berupa badan demam maka dia meminta agar supporter tak datang ke stadion. “Kalau pilek lebih baik tidak ke stadion,” ujar David.

Sementara itu Ketua Panpel Pertandingan H. Esko Apiandep memastikan pertandingan antara tuan rumah melawan PSM Makassar masih berjalan sesuai rencana. Walau, kata Andep, sapaan Esko Apiandep, isu virus Corona sedang merebak saat ini. “Kami belum menerima surat dari PT. LIB untuk menunda pertandingan karena ancaman virus Corona. Jadi untuk sementara rencana pertandingan tetap berjalan,” kata Andep.

Adapun pemakaian Schreening thermal lebih kepada sikap peduli akan ancaman bahaya virus corona. Oleh karenanya, pihaknya lebih menjaga kenyamanan penonton saat menyaksikan pertandingan.

Sementara terkait persiapan tim, Persita langsung menggelar latihan untuk mematangkan taktik menghadapi tim berjulukan Juku Eja. Hamka Hamzah dkk berlatih dengan status latihan tertutup. “Latihan terbuka untuk media di awal latihan. Tapi setelah itu latihan digelar tertutup untuk media. Ini atas permintaan coach WCP (Widodo Cahyono Putro),” ucap Yetta Angelina Media Officer Persita. Dari latihan kemarin Persita sangat ingin pemain bisa mengurangi kesalahan yang terjadi saat menghadapi Bali United dan mampu memaksimalkan peluang sekecil apa pun menjadi gol.

Ini lantaran tim Ungu ingin tampil menyerang dan memastikan bisa mendulang poin penuh. “Kita menyiapkan tim untuk menghadapi PSM bukan sekarang saja, kami sudah menyiapkan sebelumnya. Sekarang kami hanya tinggal mematangkan kemampuan agar bisa lebih baik lagi penampilannya,” ujar WCP.

PSM Makassar akan menghadapi tuan rumah Persita Tangerang Jumat (6/3) di stadion Utama Sport Center, Tangerang. Meski calon lawan berstatus tim promosi Liga1, tim Juku Eja tak mau meremehkan. Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak menjelaskan, ia mempelajari kekuatan calon lawan melalui rekaman pertandingan mereka saat menahan imbang Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta (1/3). Menurut Hodak, Persita bukan lawan enteng, sehingga ia meminta pemainnya tidak gegabah.

Selain memiliki organisasi permainan yang kompak dan solid, Hodak menilai Persita juga bagus dalam menerapkan serangan balik. Maka dari itu, mantan pelatih timnas Malaysia U-19 itu akan mempersiapkan tim sebaik mungkin. “Mereka bermain sangat komplet dan kompak, juga terorganisir dengan baik. Kita juga lihat pelatih mereka (Widodo C Putro) menerapkan strategi yang tepat dan menahan Bali United dan menunjukkan kesigapan mereka saat serangan balik,” jelas Hodak.

Hodak memprediksi Persita bakal memainkan strategi berbeda saat menjamu PSM Makassar. Sebagai tuan rumah, Persita tentu akan bermain agresif dan lebih menyerang untuk memburu kemenangan. “Saya kira mereka tidak akan bertahan saat bermain di kandang. Masih ada waktu untuk mempersiapkan tim,” ujar Hodak. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here